PENINGKATAN DAYA SAING USAHA JASA PENYEDIA MAKANAN DAN MINUMAN DENGAN PENDEKATAN MANAJEMEN DI MOTHERLAND COFFEE

Authors

  • Amlys Syahputra Silalahi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara
  • Rina Bukit Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara
  • Doli Muhammad Ja’Far Dalimunthe Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara
  • Aryanti Sariartha Sianipar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara
  • Ance Marintan Sitohang Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v4i1.2394

Keywords:

Warung Kopi, Pemasaran Digital, Laporan Keuangan, Manajemen

Abstract

Motherland Coffee merupakan salah satu merek kopi gerobak pada awal pendiriannya, namun pemilik usaha kafe ini menemukan rekan usaha yang memberikannya lokasi untuk dikelola sesuai merk kafe yang pernah berkembang. Pengelola terdiri dari lima orang dengan konsep kerja paruh waktu dan pembagian tugas secara merata. Secara manajemen usaha kafe belum memiliki pembagian kerja berdasarkan konsep Manajemen yang memadai. Pembagian kerja bukan pada basis spesialisasi dan berbasis kebersamaan. Pada aspek SDM personil yang mengelola belum memiliki standar spesifikasi jabatan dan deskripsi pekerjaan. Pada aspek keuangan, penjualan dicatat secara harian dengan menggunakan aplikasi “QASIR” yang menampilkan statistik produk terjual dan nilai transaksi. Namun, pencatatan laporan keuangan seperti neraca, laba rugi, dan arus kas belum diterapkan. Untuk meningkatkan ekspansi operasional, maka diperlukan konsep usaha yang matang agar dapat mencari sumber pendanaan baik dari investor maupun perbankan.Solusi yang ditawarkan untuk permasalahan organisasi antara lain dengan pendekatan Manajemen Fayol yakni merumuskan struktur organisasi, deskripsi pekerjaan, spesifikasi jabatan. Pada aspek pemasaran adalah dengan merumuskan teknik promosi pemasaran digital. Secara manajamen keuangan solusi yang ditawarkan adalah dengan pencatatan transaksi untuk laporan keuangan, dan business plan sebagai alat untuk mendapatkan sumber modal bagi ekspansi operasional usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-05-22