PENGUATAN PROMOSI PRODUK UMKM MELALUI PENGGUNAAN BAHASA YANG KOMUNIKATIF: STUDI KASUS UMKM OLLY COOKIES DAN RENDANG YUGO
DOI:
https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v3i2.4127Keywords:
Pemasaran, Bahasa, UMKMAbstract
Jumlah UMKM di Indonesia yang cukup banyak berpotensi untuk meningkatkan perekonomian negara, namun dalam pengembangannya para pengusaha sering kali dihadapkan pada berbagai macam hambatan.Secara umum ada 2 permasalahan utama, yaitu finansial dan non finansial. Salah satu masalah non financial adalah kurangnya promosi. Penggunaan bahasa yang komunikatif dapat menjadi salah satu solusi dalam menguatkan pemasaran produk UMKM. Studi ini diharapkan dapat merubah pandangan masyarakat pesisir dalam memasarkan produknya dengan menggunakan bahasa yang komunikatif guna meningkatkan hasil penjualan mereka khususnya masyarakat pesisir di desa nelayan Belawan. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat pemberdayaan Masyarakat pesisir dirancang secara komprehensif dan proporsional melalui In-class discussion dengan tujuan untuk menumbuhkan kepekaan (awareness) dan membangun kerangka berfikir (framework of thinking) terhadap Mitra dan pelaku UMKM untuk memanfaatkan kekuatan bahasa dalam melakukan promosi bagi produk mereka.
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2019 ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Abdimas TALENTA as well as TALENTA Publisher Universitas Sumatera Utara as the publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all forms and media. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, will be allowed only with written permission from Jurnal Abdimas TALENTA.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here.
The copyright form should be signed originally and sent to the Editorial Office in the form of original mail or scanned document.