PENGUATAN PROMOSI PRODUK UMKM MELALUI PENGGUNAAN BAHASA YANG KOMUNIKATIF: STUDI KASUS UMKM OLLY COOKIES DAN RENDANG YUGO

Authors

  • Ridwan Hanafiah Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v3i2.4127

Keywords:

Pemasaran, Bahasa, UMKM

Abstract

Jumlah UMKM di Indonesia yang cukup banyak berpotensi untuk meningkatkan perekonomian negara, namun dalam pengembangannya para pengusaha sering kali dihadapkan pada berbagai macam hambatan.Secara umum ada 2 permasalahan utama, yaitu finansial dan non finansial. Salah satu masalah non financial adalah kurangnya promosi. Penggunaan bahasa yang komunikatif dapat menjadi salah satu solusi dalam menguatkan pemasaran produk UMKM. Studi ini diharapkan dapat merubah pandangan masyarakat pesisir dalam memasarkan produknya dengan menggunakan bahasa yang komunikatif guna meningkatkan hasil penjualan mereka khususnya masyarakat pesisir di desa nelayan Belawan. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat pemberdayaan Masyarakat pesisir dirancang secara komprehensif dan proporsional melalui In-class discussion dengan tujuan untuk menumbuhkan kepekaan (awareness) dan membangun kerangka berfikir (framework of thinking) terhadap Mitra dan pelaku UMKM untuk memanfaatkan kekuatan bahasa dalam melakukan promosi bagi produk mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ridwan Hanafiah, Universitas Sumatera Utara

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara

Published

2019-10-02