PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DESA SEI ROTAN MELALUI OPTIMISASI MANAJEMEN USAHA KELOMPOK KERUPUK RENGGINANG

Authors

  • Prihatin Lumbanraja Universitas Sumatera Utara
  • Arlina Nurbaity Lubis Universitas Sumatera Utara
  • Beby Kendida Hasibuan Universitas Sumatera Utara
  • Amlys Syahputra Silalahi Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v3i2.4134

Keywords:

Produksi, Pemasaran, Penigkatan Pendapatan, Keberlangsungan Usaha

Abstract

Tingginya angka pencari kerja memaksa setiap individu untuk berfikir kreatif mencari lapangan kerja baru. Salah satu lapangan pekerjaan yang dapat mendorong pengurangan angkatan kerja adalah dengan wirausaha. Hanya saja sampai dengan saat ini wirausaha masih didominasi oleh ibu rumah tangga sebagai salah satu cara untuk memperoleh tambahan penghasilan. Dalam kegiatannya ada beberapa kendala yang dihadapi oleh pelaku wirausaha ini yaitu kendala produksi dan kendala pemasaran. Dimana kendala produksi adalah mengenai jumlah produksi yang masih sangat terbatas disebabkan karena alat produksi yang belum memadai. Kendala dari aspek pemasaran adalah kemasan produk yang kurang menarik dan juga masih tebatasnya lokasi pemasaran produk. Kegiatan pengabdian ini mensiyalir peningkatan jumlah produksi mitra dan memperbaiki kualias kemasan serta aktivitas promosi mitra. Tim pengabdian memberikan label dan kartu nama sebagai dasar kegiatan pemasaran mitra. Selain itu mitra juga mempelajari pemasaran secara online. Hasil kegiatan pengabdian secara umum sangat memuaskan. Mitra berkembang dan pendapatan masyarakat meningkat. Mitra mengalami peningkatn baik dari sisi produktivitas maupun permintaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Prihatin Lumbanraja, Universitas Sumatera Utara

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara

Arlina Nurbaity Lubis, Universitas Sumatera Utara

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara

Beby Kendida Hasibuan, Universitas Sumatera Utara

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara

Amlys Syahputra Silalahi, Universitas Sumatera Utara

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara

Published

2019-10-02