MEMOTIVASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE BELAJAR CTL DI MAS TAHFIZIL QUR’AN DAN MTs HIFZHIL QUR’AN MEDAN SUMATERA UTARA

Authors

  • Syahron Lubis Universitas Sumatera Utara
  • Muhizar Muchtar Universitas Sumatera Utara
  • Rahmadsyah Rangkuti Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v3i2.4135

Keywords:

Memotivasi, Metode CTL, Pembelajaran

Abstract

Dalam sebuah pembelajaran tentunya membutuhkan sebuah metode yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pencapaian tujuan dalam pengabdian masyarakat berupa penyelenggaraan kegiatan pelatihan bahasa Inggris adalah peningkatan motivasi atau kemauan diri, pemahaman dan kemampuan siswa/i dalam belajar sebuah bahasa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan siswa dalam mempelajari tatabahasa Inggris dengann menggunakan metode CTL dan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh metode tersebut terhadap semangat proses belajar mengajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan untuk mengetahui hasil dari tujuan penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kulaitatif berupa penelitian lapangan. Kesimpulan yang diperoleh setelah dilakukannya penelitian bahwa: 1) Pelatihan Memotivasi Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Belajar CTL Di MAS Tahfizil Qur’andanMTs Hifzhil Qur’an Sumatera Utara telah dilakukan dan hasilnya sangat memuaskan. 2)Metode belajar Contextual Teaching and Learning (CTL) yang telah di terapkan kepada siswa MAS Tahfizil Qur’andanMTs Hifzhil Qur’an Sumatera Utara memberikan hasil yang signifikan dimana para siswa termotivasi dan dapat mengikuti metode tersebut sehingga pemahaman terhadap struktur grammar kalimat langsung dan kalimat tidak langsung dipahami secara menyeluruh dalam waktu yang relative singkat. 3) Kemampuan siswa dalam memahami grammar setelah diajarkan dengan menggunakan metode belajar CTL meningkat dalam persentase 75% hasil memuaskan di MAS Tahfizil Qur’an dan 70% hasil memuaskan di MTs Hifzhil Qur’an Sumatera Utara. 4) Antusiasme dari para siswa terhadap metode yang mereka anggap baru ini tergolong baru.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Syahron Lubis, Universitas Sumatera Utara

Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, Medan Indonesia

Muhizar Muchtar, Universitas Sumatera Utara

Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, Medan Indonesia

Rahmadsyah Rangkuti, Universitas Sumatera Utara

Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, Medan Indonesia

Published

2019-10-02