KONDISI LITERASI DIGITAL ANAK-ANAK DI KELURAHAN GAHARU (Studi Deskriptif Kondisi Literasi Digital di Pemukiman Pinggiran Rel Kereta Api Kelurahan Gaharu Kota Medan)

Authors

  • Aisha Tania Sinantan Sikoko Universitas Sumatera Utara
  • Mazdalifah Mazdalifah Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/cjcs.v1i01.11546

Keywords:

Literasi digital, Anak, Digital Kids Asia-Pacific (DKAP), Kota Medan

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kondisi Literasi Digital Anak-anak di Kelurahan Gaharu (Studi Deskriptif Kondisi Literasi Digital di Pemukiman Pinggiran Rel Kereta Api Kelurahan Gaharu Kota Medan)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi literasi digital anak-anak di pemukiman pinggiran rel kereta api Kelurahan Gaharu Kota Medan yang meliputi lima area kompetensi yaitu literasi digital terkait literasi TIK dan Informasi, keamanan dan ketangguhan digital, partisipasi dan agensi digital, kecerdasan emosional digital, serta kreativitas dan inovasi digital. Teori yang digunakan adalah literasi digital, kerangka Digital Kids Asia-Pacific oleh UNESCO, kondisi masyarakat pinggiran rel kereta api, dan anak. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif ini memiliki populasi yang meliputi anak-anak pengguna internet berusia 9-14 tahun di pemukiman pinggiran rel kereta api Kelurahan Gaharu sebanyak 26 anak dengan jumlah sampel sebanyak 26 sampel melalui teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakaan kuesioner dan teknik analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas, serta analisis tabel tunggal dan silang menggunakan SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi literasi digital anak-anak pengguna internet usia 9-14 tahun di pemukiman pinggiran rel kereta api Kelurahan Gaharu secara keseluruhan dikategorikan baik dengan hasil 4 dari 5 area kompetensi termasuk kategori baik dengan area kreativitas dan inovasi digital memiliki skor terendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-05-01