Analysis of Language Errors on Social Media
DOI:
https://doi.org/10.32734/cjcs.v3i01.19454Keywords:
Kesalahan Berbahasa, Media Sosial, Ragam Bahasa, Instagram, YouTube, TikTokAbstract
Sebagai alat komunikasi sehari-hari, penggunaan bahasa di platform media sosial telah berkembang menjadi komponen yang esensial. Terdapat berbagai jenis bahasa yang digunakan, seperti Bahasa Indonesia, bahasa daerah, variasi bahasa asli, dan bahasa asing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi berbagai jenis kesalahpahaman bahasa yang terjadi di platform media sosial seperti Instagram, YouTube, dan TikTok, serta menggambarkan berbagai bentuk penggunaan bahasa yang tidak pantas yang mungkin ditemukan di platform-platform tersebut. Sebagai peneliti yang bertujuan untuk mendeteksi dan menganalisis kesalahan bahasa yang terdapat di platform media sosial, metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Secara spesifik, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna platform media sosial tidak menggunakan bahasa Indonesia dengan efisien. Hal ini terlihat jelas dalam bentuk masalah ejaan, pemilihan kata yang tidak tepat, dan kesalahan struktur grammatikal. Selain itu, kesalahpahaman dapat terjadi akibat perbedaan bahasa, seperti: (1) kombinasi bahasa Inggris dan Indonesia, dan (2) kombinasi bahasa Indonesia dengan bahasa gaul, bahasa asing, dan dialek lokal. Dalam konteks komunikasi digital, temuan ini menyoroti tren yang lebih luas dalam penggunaan bahasa informal dan hibrida, yang berpotensi mengikis fungsi normatif bahasa Indonesia.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 CONTENT: Journal of Communication Studies

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.