ANALISIS MARJIN PEMASARAN DAGING SAPI DI PASAR-PASAR TRADISIONAL KOTA MEDAN

Analysis of Marketing Margin of Beef in Traditional Markets in Medan

Authors

  • Edy Suherman Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Edhy Mirwandhono Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Armyn Hakim Daulay Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32734/jpi.v3i2.2752

Keywords:

Marjin pemasaran, daging sapi, pasar tradisional, kota Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistematis penyaluran daging sapi dari Produsen hingga sampai
ke konsumen akhir. Penelitian dilaksanakan di beberapa perusahaan penggemukan, pasar tradisional kota Medan
dan di rumah potong hewan Mabar dan rumah potong hewan Tani asli pada bulan April sampai dengan Mei 2014.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan 7 pasar tradisional dan 35 responden. Data primer
diperoleh dari para penjual daging sapi di pasar tradisional kota Medan, sedangkan data sekunder diperoleh dari
berbagai instansi yang terkait, seperti badan pusat statistik dan rumah potong hewanMabar dan rumah potong hewan
Tani Asli. Parameter yang diteliti adalah marjin pemasaran daging sapi. Ada dua jenis saluran pemasaran yang
terdapat dalam proses pemasaran daging sapi dari produsen hingga sampai ke konsumen. Saluran pertama produsen
- pedagang besar- pedagang pengecer -konsumen dan saluran kedua produsen – agen - pedagang besar -
konsumen. Margin pemasaran pada pedagang besar adalah sebesar Rp. 3.311.000,-/ekor sapi dan pada pedagang
kecil adalah sebesar sebesar Rp. 1.992.000,-/ekor sapi. Kesimpulannya adalah saluran pemasaran yang lebih pendek
memiliki marjin pemasaran yang lebih besar bagi pedagang besar. Ini menunjukkan bahwa saluran pemasaran
daging sapi yang baik bagi pedagang sapi adalah adalah saluran kedua yaitu : Produsen – agen - pedagang besar –
konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-04-17