ANALISIS HARGA DAN ELASTISITAS PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI KABUPATEN LANGKAT

Analysis of Price and Elasticity Marketing of Eggs in Langkat District

Authors

  • Suci Asdiana Rezeki Program Studi Peternakan-Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Usman Budi Program Studi Peternakan-Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Iskandar Sembiring Program Studi Peternakan-Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32734/jpi.v4i2.2787

Keywords:

Penawaran, Permintaan, Elastisitas, Harga, Telur, harga, Kabupaten Langkat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan harga telur, permintaan dan penawaran serta
elastisitas pemasaran telur ayam ras di Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan metode survey
accidental sampling dengan 13 pedagang dan 40 konsumen sebagai responden. Analisis data dilakukan secara
deskriptif dan secara statistic dengan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen dan
pedagang peka terhadap perubahan harga telur. Semakin tinggi harga telur ayam ras maka jumlah permintaan
akan menurun sedangkan jumlah penawarannya akan meningkat. Semakin tinggi pendapatan konsumen maka
jumlah permintaan telur akan semakin rendah. Semakin banyak jumlah tanggungan keluarga maka jumlah
permintaan telur akan semakin tinggi. Semakin tinggi harga komoditi lain seperti ikan gembung maka jumlah
permintaan telur akan semakin tinggi. Kesimpulan adalah pemasaran telur di Kabupaten Langkat bernilai elastis

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-06-10