PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KERAJINAN MENJAHIT DAN BORDIR DI KECAMATAN MEDAN AREA KOTA MEDAN

Authors

  • Prihatin Lumbanraja Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU
  • Arlina Nurbaity Lubis Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU
  • Sitti Raha Agoes Salim Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU

DOI:

https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v2i1.2195

Keywords:

Daya Saing Usaha, Manajemen, Pemasaran, Penentuan Harga

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan usaha mikro dalam upaya peningkatan daya saing usaha untuk menggerakkan roda perekonomian Indonesia.Dalam kegiatan ini, pengabdian ditujukan kepada kelompok usaha kreatif yang bergerak dalam usaha pembordiran dan penjahit pakaian.Situasi saat ini menunjukkan bahwa pengaplikasiakn konsep-konsep manajemen, khususnya manajemen usaha, pemasaran, serta penenuan harga masih belum sesuai dari kondisi ideal.Situasi ini memberikan peluang optimalisasi kegiatan usaha jika UMKM berhasil dibina dengan baik.

Kegiatan pengabdian dilakukan dalam bentuk sumbangan mesin jahit serta material lainnya yang ditujukan untuk peningkatan produksi dan pelatihan keterampilan pengusaha UMKM anggota kelompok mitra. Pelatih didatangkan secara berkala untuk meningkatkan keterampilan pengusaha yang nantinya akan membantu anggota UMKM lainnya. Penyuluhan diberikan agar pengusaha lebih memahami konsep dan pengaplikasian manajemen dalam kegiatan usaha.Pendampingan diberikan agar penyerapan dan perubahan sikap menjadi lebih optimal.Evaluasi dilakukan untuk melihat perkembangan pengelola UMKM setelah menerika rangkaian kegiatan pengabdian.

Hasil yang diperoleh setelah menyelesaikan rangkaian kegiatan pengabdian tergolong memuaskan.Mitra mengalami perubahan mendasar dari berbagai aspek dan menjadi lebih baik dalam mengelola usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-08-14