Keragaman Molekuler Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) Varietas MTG (Moderat Tahan Gano) Berdasarkan Primer SSR (Simple Sequence Repeats)

Molecular Diversity of Oil Palm (Elaeis guineensis Jacq.) MTG Variety (Moderate Tahan Gano) Based on SSR Primer (Simple Sequence Repeats)

Authors

  • Rika Hardianti Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Lollie Agustina P.Putri Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Mbue Kata Bangun Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32734/joa.v5i3.2227

Keywords:

kelapa sawit, keragaman molekuler, primer SSR, Varietas MTG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keragaman molekuler tanaman Kelapa Sawit Varietas MTG (Moderat Tahan Gano) dengan primer SSR. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara dan Laboratorium Bio Molekuler SSPL (Socfindo Seed Production and Laboratories) Bangun Bandar, Dolok Masihul, Serdang Bedagai Sumatera Utara, dimulai dari bulan Februari sampai September 2016. Individu yang diamati sebanyak 27 sampel tanaman Kelapa Sawit Varietas MTG yang dikeluarkan oleh PT. Socfin Indonesia menggunakan primer SSR. Pembentukan dendogram dilakukan dengan bantuan program DARwin 6.0.13. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase polimorfik 100 % dan analisis filogenetik dendogram terbagi menjadi 3 kelompok utama yang terdiri dari 2 sub kelompok dari 27 sampel yang dianalisis.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-08-28