PENGARUH PERSEPSI IKLIM KELAS TEHADAP STUDENT ENGAGEMENT PADA MAHASISWA
THE EFFECT OF CLASS CLIMATE PERCEPTION TOWARDS COLLAGE STUDENT ENGAGEMENT
DOI:
https://doi.org/10.32734/psikologia.v12i2.2253Keywords:
Persepsi iklim kelas, Student engagement, MahasiswaAbstract
Iklim kelas merupakan keadaan psikologis dan hubungan sosial yang muncul akibat hubungan antara pengajar dan siswa atau hubungan diantara peserta didik yang menjadi ciri khusus suatu kelas. Iklim kelas yang dipersepsikan oleh mahasiswa akan menentukan perilaku mereka di dalam kelas. Salah satunya keterlibatan mahasiswa dalam aktivitas pembelajaran di dalam kelas secara afeksi, emosi dan kognisi yang dikenal dengan student engagement. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi iklim kelas terhadap student engagement pada mahasiswa. Penelitian ini bersifat kuantitatif pada 344 mahasiswa yang terpilih dengan multistage sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala persepsi iklim kelas (rxx = 0.841) dan student engagement (rxy=0.880). Analisa data yang digunakan regresi sederhana. Analisis data penelitian ini menunjukkan nilai p(0.000) < 0.05 hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini menerima Ha dan menolak Ho. Penelitian ini menemukan adanya pengaruh persepsi iklim kelas terhadap student engagement pada mahasiswa dengan besar pengaruh 21.2%.