PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DITINJAU DARI JENIS KEGIATAN EXTRAKURIKULER
DIFFERENCES STUDENT’S EMOTIONAL INTELLIGENCE SEEN FROM EXTRACURRICULAR ACTIVITIES TYPE
DOI:
https://doi.org/10.32734/psikologia.v7i2.2551Keywords:
Kecerdasan emosional, kegiatan ekstrakurikulerAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan kecerdasan emosional ditinjau dari jenis kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti siswa SMA. Kecerdasan emosional terdiri dari aspek kemampuan mengenali emosi diri sendiri, kemampuan mengelola emosi diri, kemampuan memotivasi diri sendiri, kemampuan mengenali emosi orang lain, dan kemampuan membina hubungan (Goleman, 2002). Kegiatan ekstrakurikuler dibagi menjadi 5 jenis, yaitu keterlibatan prososial, tim olahraga, pertunjukan seni, keterlibatan sekolah, dan kelompok akademik. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa SMA Swasta Yapena yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yaitu sebanyak 163 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kecerdasan emosional ditinjau dari jenis kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti siswa SMA Swasta YAPENA.