The role of self-confidence on the intention to buy Zara fashion products among teenagers

Hubungan kepercayaan diri dengan intensi remaja membeli produk fashion Zara

Authors

  • Sharah Tamiara
  • Eka Danta Jaya Ginting Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/psikologia.v15i2.4474

Keywords:

self-confidence, intention to buy, teenagers

Abstract

This research examines the effect of self-confidence on teenagers’ intention to buy Zara fashion products. The results showed that self-confidence correlated negatively with teenagers’ intention to buy Zara fashion products. But the effect of self-confidence was quite small, it only accounted for about 3 percent of the variance of the teenagers’ intention to buy Zara products.

Penelitian ini menelaah hubungan kepercayaan diri terhadap intensi membeli produk fashion Zara pada remaja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara kepercayaan diri remaja dengan intensi mereka untuk membeli produk fashion Zara. Namun, peran self-confidence tersebut cukup kecil, yaitu menyumbang sekitar 3 persen dari kebervariasian intensi membeli produk Zara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajzen, I. (2005). Attitudes, personallity and behavior (2nd Ed). Berkshire: McGraw-Hill Education.

Ammary, E. N. (2017). Perilaku berbelanja produk fashion mahasiswa kos di kota Surabaya. Retrieved from Skripsi: Universitas Airlangga website: http://repository.unair.ac.id/69469/

Fatimah, E. (2010). Psikologi perkembangan: Perkembangan peserta didik. Bandung: Pustaka Setia.

Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS. London: SAGE Publications Ltd.

Fishbein, M., dan Ajzen, I. (1975). Belief, attitude, intention and behavior: An introduction to theory and research. MA: Addison-Wesley.

Fitri, E., Zola, N., dan Ifdil, I. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 4, 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.2 9210/02017182

Hakim, T., Swara, P., Florensia, B. S., dan Wirakusumah, E. S. (2005). Mengatasi rasa tidak percaya diri. Jakarta: Puspa Swara.

Iswara. (2004). Cantik = pe de. Retrieved from https://www.kompas.com/tag/harian.kompas

Kusumawati. (2018). Hubungan antara kepercayaan diri dengan niat membeli kosmetik impor pada remaja putri. Skripsi: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Laudette, C., dan Dowsett, S. (2019). Zara owner Inditex reports strong profit growth, shares at year highs. Retrieved from https://www.reuters.com/article/us-inditex-results-idUSKBN1YF0MB Lauster, P. (1997). Tes kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.

Lemeshow, S., Hosmer, D. W., Klar, J., dan Lwanga, S. K. (1990). Adequacy of sample size in health studies. John Wiley dan Sons Ltd.

Marisha. (2017). Ini 5 alasan mengapa brand Zara digemari oleh para pecinta fashion. Facetofeet. Retrieved from https://www.facetofeet.com/fashion/4602/ini-5-alasan-mengapa-brand-zara-dige mari-oleh-para-pecinta-fashion

Mowen, J. C., dan Minor, M. (2002). Perilaku konsumen (2nd ed.). Jakarta: Erlangga.

Savitrie. (2008). Pola perilaku pembelian produk fashion pada konsumen wanita (Sebuah studi kualitatif pada mahasiswi FE UI dan pengunjung butik N . y . l . a). Skripsi: Universitas Indonesia. Setiadi, N. (2003). Perilaku konsumen:Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Kencana.

Trisnawati, T. Y. (2011). Fashion sebagai bentuk ekspresi diri dalam komunikasi. Jurnal the Messenger,

, 36–47. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.268

Wardana, R. Y., dan Demartoto, A. (2017). Representasi budaya populer dalam mengonsumsi produk fashion bermerek. Jurnal Sosiologi DILEMA, 32, 43–51.

Yulistara, A. (2018). Ekspor fesyen Indonesia Rp 122 T, kuasai 2% pasar dunia. CNBC Indonesia. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/news/20181001153848-4-35509/ekspor-fesyenindonesia-rp-122-t-kuasai-2-pasar-dunia

Zakaria, S. R. I. I. (2011). Hubungan kepercayaan diri dengan intensi membeli kosmetik pada mahasiswa skripsi. Skripsi: Universitas Muhammdiyah Malang.

Published

2021-01-25