PENGARUH HIPERREALITAS DALAM IKLAN KOSMETIK TERHADAP MINAT BELI KOSMETIK PADA MAHASISWI ILMU KOMUNIKASI DI FISIP USU

Authors

  • Safrin
  • Ervina Oktaviani

DOI:

https://doi.org/10.32734/komunika.v16i2.4756

Keywords:

Kata Kunci : Komunikasi Massa, Hiperrealitas, Mahasiswa USU.

Abstract

Penelitian ini berjudul “Iklan Dan Minat Beli Dalam Sudut Pandang Hiperrealitas (Studi Korelasional Pengaruh Hiperrealitas Dalam Iklan Kosmetik Terhadap Minat Beli Kosmetik Pada Mahasiswi Ilmu Komunikasi di FISIP USU)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hiperrealitas dalam iklan kosmetik terhadap minat beli kosmetik pada mahasiswi Ilmu Komunikasi di FISIP USU. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, komunikasi massa, komunikasi pemasaran, iklan, pemikiran hiperrealitas Jean Baudrillard, teori AIDDA, dan minat beli. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 69 orang mahasiswi Ilmu Komunikasi FISIP USU yang pernah menonton iklan Vaseline versi Sun+Pollution Protection. Responden didapat dengan menggunakan rumus Suharsimi Arikunto. Data yang diperoleh dari lapangan diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif, analisis korelasional, dan uji hipotesis dengan menggunakan Rank Spearman dari program aplikasi IBM SPSS Statistics Subsciption,  dengan  perolehan  hasil Ha ditolak dan H0 diterima  yang berarti tidak terdapat pengaruh hiperrealitas dalam iklan kosmetik terhadap minat beli kosmetik pada mahasiswi Ilmu Komunikasi di FISIP USU.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-10-19