PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI DEALJAVA SEBAGAI MEDIA PROMOSI PENJUALAN TERHADAP TINDAKAN BELI MAHASISWA UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Authors

  • Haris Wijaya Universitas Sumatera Utara
  • Ade Sari Wita

DOI:

https://doi.org/10.32734/komunika.v16i1.5373

Keywords:

Aplikasi Dealjava, Media Baru (New Media), Tindakan Beli, AIDDA

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Dealjava Sebagai Media Promosi Penjualan Terhadap Tindakan Beli Mahasiswa Universitas Sumatera Utara”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Dealjava sebagai media promosi penjualan terhadap tindakan beli Mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi, komunikasi massa, media baru (new media), internet, dealjava, komunikasi pemasaran, promosi, tindakan beli, teori AIDDA, dan perilaku konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional yang bertujuan untuk mencari hubungan antara variabel yang satu dengan variabel lainnya. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Sumatera Utara sebanyak 15.380 orang. Penentuan sampel digunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 99 orang. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan proportional stratified random sampling, purposive sampling dan accidental sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (field research). Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis tabel tunggal, analisis tabel silang dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS Statistic versi 24. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan yaitu dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,606 dalam skala hubungan yang cukup berarti dengan persentase kekuatan pengaruh sebesar 37% dalam skala hubungan yang cukup berarti antara pengaruh penggunaan aplikasi Dealjava sebagai media promosi penjualan terhadap tindakan beli Mahasiswa Universitas Sumatera Utara.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-03-01