PRODUCT PLACEMENT DAN MINAT BELI

(Studi Korelasional Pengaruh Product Placement Laneige dalam Drama Korea Descendant of The Sun terhadap Minat Beli Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara)

Authors

  • Safrin Universitas Sumatera Utara
  • Pratiwi Putri Delwis Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/komunika.v15i2.5755

Abstract

Penelitian ini berjudul Product Placement dan Minat Beli (Studi Korelasional Pengaruh Product Placement Laneige dalam Drama Korea Descendant of The Sun terhadap Minat Beli Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara). Penelitian inti bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh product placement Laneige dalam drama Korea Descendant of The Sun  terhadap minat beli mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode korelasional, bertujuan menganalisis pengaruh product placement Laneige dalam drama Korea Descendant of The Sun  terhadap minat beli mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. Penentuan sampel menggunakan rumus Taro Yamane dari populasi keseluruhan diperoleh 91 orang responden. Teknik penarikan sampel menggunakan stratified proportional sampling,  purposive sampling dan accidental sampling. Dari hasil penelitian ini diperoleh rs sebesar 0,800 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tinggi/kuat menurut skala Guilford. Untuk menguji tingkat signifikasi pengaruh variabel X terhadap variabel Y digunakan Uji Determinan Korelasi maka diperoleh hasil 64%. Hal ini menunjukkan bahwa kekuatan pengaruh product placement Laneige dalam drama Korea Descendant of The Sun  terhadap minat beli mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara adalah sebesar 64% dan 34% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-09-01