POLA PENGGUNAAN MEDIA BARU DI KALANGAN GENERASI MILENIAL
(Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Pola Penggunaan Media Baru di Kalangan Mahasiswa Universitas Sumatera Utara)
DOI:
https://doi.org/10.32734/komunika.v14i2.5940Keywords:
Pola Penggunaan, Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Internet, Media Baru, Generasi MilenialAbstract
Penelitian ini berjudul “Pola Penggunaan Media Baru Di Kalangan Generasi Milenial (Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Pola Penggunaan Media Baru di Kalangan Mahasiswa Universitas Sumatera Utara)”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui intensitas, alat, dimensi, dan motif penggunaan media baru di kalangan Mahasiswa USU. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Komunikasi, Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Internet, Media Baru, Generasi Milenial, dan Penggunaan Media. Adapun media baru yang ialah Youtube, Instagram, Facebook, Twitter, Whatsapp, dan LINE. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa USU stambuk 2016 hingga 2019 yang berjumlah 25.295 mahasiswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi 10% dan tingkat kepercayaan 90% dan diperoleh sebanyak 100 mahasiswa. Teknik penarikan sampel menggunakan Proportional Stratified Sampling, Purposive Sampling dan Accidental Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (Field Research) dan metode kepustakaan (Library Research). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tabel tunggal dengan menggunakan SPSS versi 26.0. Berdasarkan hasil penelitian mayoritas mahasiswa USU merupakan kategori pengguna heavy user atau menggunakan media baru lebih dari 5 jam perhari. Ponsel menjadi perangkat yang paling banyak digunakan Mahasiswa USU untuk mengakses media baru, Fasilitas internet yang berasal dari Kartu Prabayar/Pascabayar menjadi pilihan untuk mengakses media baru. 100% responden memanfaatkan fasilitas internet dari Kartu Prabayar/Pascabayar. 88% Mahasiswa USU menggunakan media baru sebagai media komunikasi. Youtube digunakan untuk motif Entertainment. Whatsapp digunakan untuk motif Social Integration and Interaction. Instagram digunakan untuk motif Entertainment. LINE digunakan untuk motif Social Integration and Interaction Twitter digunakan untuk motif Information. Facebook digunakan untuk motif Social Integration and Interaction
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2018 KomunikA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.