KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DAN KEPUASAN KONSUMEN
(Studi Korelasional Tentang Pengaruh Komunikasi Antar Pribadi Customer Service Terhadap Kepuasan Konsumen Grapari Graha Merah Putih Medan)
DOI:
https://doi.org/10.32734/komunika.v14i1.6441Keywords:
Komunikasi Antar Pribadi, Customer Service, Kepuasan KonsumenAbstract
Penelitian ini berjudul “Komunikasi Antar Pribadi dan Kepuasan Konsumen”. Sebuah studi korelasional yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Komunikasi Antar Pribadi Customer Service terhadap Kepuasan Konsumen Grapari Graha Merah Putih Medan. Teori yang digunakan: komunikasi antar pribadi, customer service dan kepuasan konsumen. Penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi pada penelitian yaitu konsumen Telkomsel di Grapari Graha Merah Putih Medan yang berjumlah 4576 orang dan untuk menentukan sampel penelitian digunakan rumus Slovin dengan presisi 10% dan tingkat kepercayaan 90%, sehingga diperoleh sampel 98 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sementara teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan penelitian kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis tabel tunggal, analisis tabel silang dan uji hipotesa dengan aplikasi SPSS versi 25 juga digunakan skala koefisien korelasi Guilford. Hasil uji hipotesa diperoleh koefisien korelasi 0,717 berdasarkan skala Guilford angka tersebut menunjukkan terdapat hubungan yang tinggi. Hal ini berarti Ha diterima, yaitu: Terdapat Pengaruh antara komunikasi antar pribadi customer service terhadap kepuasan konsumen Grapari Graha Merah Putih Medan, dengan kekuatan pengaruh antara variabel x terhadap y sebesar 51,4%, dan ini berarti terdapat 48,6% pengaruh lainnya seperti fasilitas, promosi, harga, dan produk
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2018 KomunikA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.