POLA KOMUNIKASI MAHASISWI BERCADAR
(Pola Komunikasi Mahasiswi Bercadar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara dalam Berinteraksi dengan Keluarga dan Sahabat)
DOI:
https://doi.org/10.32734/komunika.v14i1.6444Keywords:
Komunikasi, Pola Komunikasi, Mahasiswi Bercadar, InteraksiAbstract
Penelitian ini berjudul “Pola Komunikasi Mahasiswi Bercadar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara dalam Berinteraksi dengan Keluarga dan Sahabat”. Tujuan penelitian untuk mengetahui pola komunikasi mahasiswi bercadar ketika berinteraksi dengan keluarga dan sahabat. Teori yang digunakan adalah Pola Komunikasi, Komunikasi Antar Pribadi, Komunikasi Efektif, Hambatan Komunikasi, Self-Disclosure, Hijab dan Cadar. Metode deskriptif kualitatif dengan paradigma positivisme digunakan dalam penelitian ini. Penelitian melibatkan tiga orang informan utama dan tiga orang informan tambahan. Informan utama yaitu tiga orang mahasiswi bercadar di FISIP USU. Tiga orang informan tambahan merupakan perwakilan dari keluarga (orang tua dan saudara kandung) serta sahabat, untuk mendapatkan data pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam. Proses komunikasi antara mahasiswi bercadar dengan keluarga dan sahabat belum berlangsung dengan tepat karena tidak tercapai kesamaan makna, sehingga pola komunikasi cenderung bersifat interaksional. Hambatan yang ditemukan adalah prasangka dari pihak keluarga dan sahabat mengenai perempuan bercadar, distorsi komunikasi, serta komunikasi nonverbal yang tidak terlihat karena tertutupi oleh cadar. Self-disclosure mahasiswi bercadar kepada keluarga cenderung tertutup dalam mengungkapkan masalah pribadinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi, hambatan komunikasi, dan self-disclosure dipengaruhi oleh kepribadian, topik, pengalaman, latar belakang keluarga, serta adanya cadar yang menutupi komunikasi nonverbal mahasiswi bercadar.
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2018 KomunikA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.