STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS 1000 GURU MEDAN KEPADA RELAWAN

(Studi Kasus Pada Kegiatan Traveling and Teaching 14 Spesial Hari Pendidikan Nasional)

Authors

  • Muti Karimah Universitas Sumatera Utara
  • Humaizi Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/komunika.v13i2.6458

Keywords:

Strategi Komunikasi Komunitas, Relawan 1000 Guru, Traveling and Teaching, Medan.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Komunitas 1000 Guru Medan Kepada Relawan (Studi Kasus Pada Kegiatan Traveling and Teaching 14 Spesial Hari Pendidikan Nasional)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh Komunitas 1000 Guru Medan, mengetahui tujuan strategi komunikasi tersebut dilakukan, dan mengetahui komponen strategi komunikasi yang dilakukan oleh Komunitas 1000 Guru Medan kepada relawan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam dan dokumentasi, serta triangulasi sebagai keabsahan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Komunitas 1000 Guru Medan menerapkan strategi komunikasi media sosial instagram kepada relawan Traveling and Teaching 14 yang dilaksanakan di SD Negeri 044846 Buah Raya, Kecamatan Kuta Buluh, Kabupaten Karo, Sumatera Utara dengan mengajar dan memberikan donasi. Tujuannya agar informasi mengenai keadaan pendidikan anak-anak di pedalaman Indonesia khususnya di daerah Sumatera Utara dapat tersampaikan kepada orang banyak. Selain itu ada empat komponen strategi komunikasi yang diterapkan oleh Komunitas 1000 Guru Medan yaitu: mengenali sasaran dengan menetapkan kriteria relawan, memilih media sosial instagram sebagai media komunikasi, menetapkan dua pesan komunikasi yakni memberitahu keadaan pendidikan di pedalaman serta pesan rekrutmen terbuka kepada relawan yang disampaikan melalui akun media sosial instagram, dan menyampaikan pesan kepada relawan secara langsung saat technical meeting diadakan, komponen terakhir adalah memilih komunikator yang kredibel di bidang mengajar dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-09-01