Pola Penggunaan Instagram di Kalangan Siswa Siswi Kelas XI SMA NEGERI 7 Kota Medan

Authors

  • Bilqis Efriza Lubis Universitas Sumatera Utara
  • Fatma Wardy Lubis Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/komunika.v17i1.6806

Keywords:

Instagram, Pola Penggunaan, SMA Negeri 7 Medan.

Abstract

Media Sosial menjadi hal yang tidak dapat terpisahkan di kalangan siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 7 Medan, sehingga menarik untuk dilakukan studi deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pola penggunaan instagram di kalangan siswa-siswi tersebut. Teori yang relevan dalam penelitian ini adalah Media social, teori Uses and Gratification. Populasi dalam penelitian ini siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 7 Medan. Penentuan Sampel menggunakan rumus slovin dengan presisi 10%, tingkat kepercayaan 90%. Sampel sebanyak 71 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan kriteria yaitu; siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 7 Medan, aktif menggunakan akun instagram. Pengumpulan data melalui penelitian lapangan menggunakan survei dan kuisioner. Analisis data melalui analisis tabel tunggal dengan menggunakan program SPSS 24, dianalisis dan diinterpretasikan. Hasil penelitian menunjukkan: Penggunaan instagram di kalangan siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 7 Medan kategori intensitas aktif sampai sekarang, frekuensi penggunaannya berkisar 1-2 jam setiap hari, motif yang digunakan dalam memilih instagram: informasi, identitas pribadi, integritas, interaksi sosial dan hiburan. Simpulan; Instagram adalah media sosial yang mampu memenuhi kebutuhan para siswa siswi tersebut yakni kebutuhan kognitif, afektif, update informasi,  integrasi pribadi dan interaksi sosial sebagai konten menarik di kalangan siswa-siswi SMA Negeri 7 Medan. Salah satu manfaat yang dapat dirasakan adalah memperoleh informasi terkini, menambah wawasan, membangun hubungan, hampir keseluruhan siswa-siswi merasakan manfaat berupa informasi dan hiburan melalui instagram.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-03-01