REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN TELEVISI
(Analisis Maskulinitas dalam Iklan L-Men Gain Mass ‘Kenny Austin’ 2017)
DOI:
https://doi.org/10.32734/komunika.v17i1.6810Keywords:
Iklan, L-Men Gain Mass ‘Kenny Austin’ 2017, Maskulinitas, Semiotika Roland BarthesAbstract
Penelitian ini berjudul Representasi Maskulinitas Dalam Iklan Televisi (Analisis Maskulinitas Dalam Iklan L-Men Gain Mass ‘Kenny Austin’ 2017). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui maskulinitas yang ditampilkan kembali dan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos dalam iklan L-Men Gain Mass ‘Kenny Austin’ 2017â€. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yang relevan, yaitu: Semiotika, Sinematografi, Komunikasi Massa, Representasi, Iklan dan Maskulinitas. Peneliti menggunakan analisis semiotika Roland Barthes berupa signifikasi dua tahap (two order signification) yakni denotasi, konotasi, dan mitos. Peneliti akan menganalisis makna denotasi atau makna gambar atau teks sebenarnya dari potogan video iklan L-Men Gain Mass ‘Kenny Austin’ 2017 dengan metode analisis Leksia. Kemudian peneliti akan menganalisis gambar ataupun teks tersebut dengan analisis Lima Kode Pemacaan dan makna tersebut bisa berkaitan dengan mitos atau berdasarkan budaya yang ada dalam masyarakat. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam iklan L-Men Gain Mass ‘Kenny Austin’ 2017 cenderung megkonstruksikan bentuk atau nilai maskulinitas modern atau maskulinitas versi new man yang lebih memandang kepada penampilan fisik, sehingga mengarah kepada missrepresentasi dimana tidak semua kontruksi maskulinitas tersebut didukung oleh mitos yang berkembang dimasyarakat tentang nilai maskulinitas.
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 KomunikA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.