ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN DAERAH ISTIMEWA MINANGKABAU DI MEDIA ONLINE TEMPO.CO
DOI:
https://doi.org/10.32734/komunika.v17i2.7550Keywords:
Analisis Framing, Daerah Istimewa Minagkabau, Clickbait, Tempo.coAbstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Framing Pemberitaan Daerah Istimewa Minangkabau di Media Online Tempo.co.†Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui model framing (pembingkaian) yang digunakan oleh media online Tempo.co. Selanjutnya, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis konstruksi Tempo.co terhadap pemberitaan Daerah Istimewa Minangkabau. Penelitian ini memusatkan pada penelitian kualitatif dengan perangkat metode analisis isi kualitatif menggunakan analisis framing sebagai pisau analisis. Analisis teks pemberitaan Daerah Istimewa Minangkabau menggunakan konsep milik Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Dalam konsep ini, pembingkaian dilihat sebagaimana wacana publik tentang suatu isu atau kebijakan dikonstruksikan dan dinegosiasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa main frame dari pemberitaan Daerah Istimewa Minangkabau di media online Tempo.co cenderung negatif. Penutup berita yang dibuat pun bersifat repetitif dan sengaja diulang-ulang. Beberapa berita juga memiliki kesamaan satu sama lain dari segi isi hingga penutup beritanya. Selain itu, judul yang dibuat oleh Tempo.co sengaja termasuk dalam clickbait yang inflamatory, yakni judul yang bermaksud membangkitkan perasaan marah atau penuh kekerasan dengan menggunakan ungkapan atau penggunaan kata-kata yang tidak tepat. Dapat disimpulkan bahwa situs media online Tempo.co membingkai dengan membentuk konstruksi pembaca agar tidak berempati terhadap etnis Minangkabau.
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2021 KomunikA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.