Evaluasi Layanan Publik Berbasis Digital: Studi Efektivitas Implementasi Cek Kesehatan Gratis (CKG) pada Aplikasi Satusehat di UPT. Puskesmas Medan Johor

Authors

  • Danish Ammara Universitas Sumatera Utara
  • Ghaniya Hafiza Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32734/rslr.v4i2.23454

Keywords:

layanan kesehatan digital, pendekatan sosio-legal, Cek Kesehatan Gratis (CKG), SATUSEHAT, evaluasi kebijakan publik

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas implementasi layanan Cek Kesehatan Gratis (CKG) dalam aplikasi SATUSEHAT di UPT Puskesmas Medan Johor dengan menggunakan pendekatan sosio-legal, yaitu memadukan analisis normatif terhadap kebijakan dan regulasi digitalisasi layanan kesehatan dengan kajian empiris berupa wawancara dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun layanan ini berpotensi memperluas akses terhadap layanan preventif secara digital, implementasinya masih menghadapi sejumlah kendala, seperti rendahnya literasi digital, lemahnya koordinasi antarinstansi, celah regulasi teknis, serta belum tersedianya jalur pelayanan alternatif bagi kelompok rentan. Temuan ini mengindikasikan adanya ketimpangan antara desain hukum dengan praktik di lapangan, sehingga dibutuhkan reformulasi kebijakan yang responsif, edukasi publik yang partisipatif, serta penguatan infrastruktur dan perlindungan data pribadi untuk mendorong pemerataan akses layanan kesehatan digital secara adil dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Mutiarin dan Z. Arif. Manajemen Birokrasi dan Kebijakan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Hardiansyah. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media, 2011.

Hayat. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2017.

Indrajit, R. E. Electronic Government. Yogyakarta: Andi, 2006.

Lewis, Carol W., dan Stuart C. Gilman. The Ethics Challenge in Public Service: A Problem-Solving Guide. San Francisco: Jossey-Bass, 2005.

Nawawi, Ismail. Budaya Organisasi, Kepemimpinan dan Kinerja. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri, 2013.

Tika, Moh. Pabundu. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Amri, S. “Efektivitas Aplikasi JAKI sebagai Media Informasi Covid-19 di Jakarta.” Jurnal DEDIKASI 22, no. 2 (2022): 105–122.

Astutik, E. P., dan G. Gunartin. “Analisis Kota Jakarta sebagai Smart City dan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Menuju Masyarakat Madani.” Inovasi 6, no. 2 (2019): 41–58.

B., Irfan. “Pelayanan Publik Era Digital: Studi Literatur”. Indonesian Journal of Intellectual Publication 4, No. 1 (2023): 24.

Budiani, Ratna. Efektivitas Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Kurniawan, R. C. “Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah.” Fiat Justisia 10, no. 3 (2016).

Lestari, Y. D., J. T. Nugraha, dan N. M. Fauziah. “Pengembangan E-Government Melalui Layanan Aspirasi Masyarakat.” Jurnal Ilmu Administrasi 16, no. 2 (2019): 163–178.

MA, Junhan Chen dan MA, Yuan Wang. “Social Media Use for Health Puposes: Systematic Review. Journal of Medical Internet Research (2021). http://dx.doi.org/10.2196/17917. Diakses pada 28 Mei 2025.

Muliawaty, Hendryawan Lia, dan S. Lia. “Peranan E-Government dalam Pelayanan Publik.” Jurnal Ilmu Administrasi 11 (2020).

Nuryanti, T., & Kurniawati, L. (2021). Evaluasi Implementasi Aplikasi SATU SEHAT dalam Mewujudkan Transformasi Digital Kesehatan. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 10(1), 88–102.

Putra, B. A. P., E. P. Purnomo, dan A. N. Kasiwi. “Transformasi E-Government sebagai Perwujudan Smart Governance Kota Jogja.” Jurnal Pemerintahan dan Politik 5, no. 1 (2020).

Rahmawati, E., & Saputra, D. (2023). Analisis Kesiapan Digitalisasi Layanan Kesehatan di Puskesmas. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 47–55.

Ratnasari, M. O. B., Noor, I., & Hidayati, F. “Analisis Pengembangan E-Government pada Layanan Administrasi Pemerintahan.” Jurnal Ilmiah Administrasi Publik 8, no. 1 (2022): 35–44.

Santoso, E. B., dan A. Rahmadanita. “Smart City di Kota Bandung: Suatu Tinjauan Aspek Teknologi, Manusia, dan Kelembagaan.” Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan 2, no. 2 (2020): 16–40.

Susilawati, Kurniawati, Dodi Ilham, Denok Sunarsi, dan Ahmad Wahidiyat Haedar. “Pelayanan Publik Berbasis Digital Pada Organisasi Sektor Pubik di Indonesia”. Pallangga Praja 6, No. 1 (2024): 68.

Wahyudi, A. A., Y. R. Widowati, dan A. A. Nugroho. “Strategi Implementasi Smart City Kota Bandung.” Jurnal Tapis 18, no. 1 (2022): 110–123.

Amalia, Siti. Implementasi Smart Governance pada Fitur Jaklapor (Aplikasi Jakarta Kini) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Skripsi, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022.

Harahap, A. R. (2023). Analisis Efektivitas Aplikasi SATU SEHAT sebagai Media Pelayanan Kesehatan Digital di Sumatera Utara. Tesis, Universitas Sumatera Utara.

Kase, J. Perencanaan Strategis Sistem Informasi (SI) pada Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan. Tesis, Universitas Gadjah Mada, 2010.

Keputusan Menteri Kesehatan RI No. HK.01.07/MENKES/4829/2021 tentang SATU SEHAT sebagai Platform Transformasi Digital Kesehatan Nasional.

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis Elektronik.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia, 2014.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2019 tentang Administrasi Puskesmas.

Bachtiarudin, A. “Viral Cerita Warga Dibully Karena Identitasnya Bocor di JAKI.” Liputan6, 12 Juli 2021. https://www.liputan6.com/news/read/4604460.

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. Jumlah Penduduk DKI Jakarta Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin 2020–2022. https://jakarta.bps.go.id.

Data Grafik dan Hasil Temuan Survei Lapangan. Dokumen Internal Responden SATUSEHAT, 2025.

Dinas Kesehatan Kota Medan. (2024). Laporan Evaluasi Layanan Cek Kesehatan Gratis di Puskesmas Medan Johor.

Kase, J. Perencanaan Strategis Sistem Informasi (SI) pada Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan. Tesis, Universitas Gadjah Mada, 2010.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sinergi Digital BUMN untuk Kesehatan Nasional. Jakarta: Kementerian BUMN, 2022.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). SATU SEHAT: Integrasi Data Kesehatan Nasional untuk Layanan Publik Digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika. Transformasi Digital Layanan Publik. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2022.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Panduan Penggunaan Aplikasi SATUSEHAT Mobile. Jakarta: Ditjen Pelayanan Kesehatan.

Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). Integrasi Data Vaksinasi melalui Platform SATUSEHAT. Jakarta: KPCPEN, 2021.

Liputan6. (2023). “Transformasi Digital Kesehatan: Peran SATU SEHAT dalam Meningkatkan Layanan Primer”.

Website Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi. Evaluasi dan Inventarisasi Pelayanan Pubik Berbasis Digital. Jakarta: Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek RI 2024. https://ortala.kemdikbud.go.id/berita/detail/evaluasi-dan-inventarisasi-pelayanan-publik-berbasis-digital. Diakses pada 27 Mei 2025.

Website Sehat Negeriku. Cek Kesehatan Gratis Kado Ulang Tahun Dimuali 10 Februari 2025. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI 2025. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20250207/4447362/cek-kesehatan-gratis-kado-ulang-tahun-dimulai-10-februari-2025/. Diakses pada 28 Mei 2025.

Yolanda, Annisa. Evaluasi Implementasi SATUSEHAT di Puskesmas. Klik Media Website. 2024. https://klikmedika.id/evaluasi-implementasi-satusehat-di-puskesmas/. Diakses pada 28 Mei 2025.

Survei Responden Layanan CKG – SATUSEHAT, UPT Puskesmas Medan Johor, 26 Mei 2025.

Downloads

Published

2025-11-19