ANALISIS STRATEGI BERSAING HOTEL SOLIGA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI PERHOTELAN DI KOTA GUNUNGSITOLI, SUMATERA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.32734/jba.v1i2.9556Keywords:
Strategi Bersaing, Resource Based View, Porter’s Five Forces, Analisis SWOTAbstract
Dalam rangka menghadapi persaingan bisnis, maka diperlukan strategi bersaing yang tepat agar sebuah bisnis dapat bertahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi bersaing yang tepat untuk Hotel Soliga dalam menghadapi persaingan industri perhotelan di Kota Gunungsitoli. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dimana data diperoleh dengan melakukan wawancara. Penelitian ini menggunakan pendekatan Resource Based View untuk menganalisis lingkungan internal dan pendekatan Porter’s Five Forces untuk menganalisis lingkungan eksternal dan dirumuskan dalam Matriks SWOT. Hasil dari pendekatan Resource Based View yaitu Hotel Soliga memiliki kekuatan dalam hal modal, lokasi, differensiasi produk, reputasi, pembagian tugas, dan pengelolaan data serta kelemahan dalam hal fasilitas dan tanggung jawab sosial. Dari pendekatan Porter’s Five Force ditemukan hal yang menjadi peluang yaitu tingkat loyalitas, sikap dan potensi pesaing, daya tawar pemasok serta yang menjadi ancaman yaitu jumlah pesaing dan produk pengganti. Setelah dianalisis menggunakan Matriks SWOT, maka dirumuskan strategi bersaing untuk Hotel Soliga adalah Strategi Intensif Penetrasi Pasar dan Pengembangan Produk serta Strategi Diversifikasi Konsentrik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Journal Business Administration: Entrepreneurship and Creative Industry
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.