PENGARUH PENERAPAN EXPERIENTIAL MARKETING STRATEGY DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Pada Pelanggan Junction Cafe Medan)
DOI:
https://doi.org/10.32734/jba.v1i2.9557Keywords:
Experiental Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan dalam industri kuliner sehingga para pelaku usaha didorong untuk menerapkan beragam strategi untuk menarik minat konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing dan kepuasan pelanggan yang diterapkan oleh Junction Café terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi didalam penelitian ini adalah pelanggan Junction Café dan sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang diukur dengan menggunakan skala Likert. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh experiential marketing dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan taraf signifikan sebesar 0,000. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel independen experiential marketing dan kepuasan pelanggan secara bersama-sama dapat menjelaskan variabel dependen yaitu loyalitas pelanggan sebesar 43,9%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Journal Business Administration: Entrepreneurship and Creative Industry
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.