Peran Organisasi Dalam Aksi Sosial Masyarakat Tani (Studi Pada Serikat Petani Wilayah Sumatera Utara)

Authors

  • Azwar Azmi Batubara Universitas Sumatera Utara
  • Randa Putra Kasea Sinaga Universitas Sumatera Utara

Keywords:

Peran, Organisasi, Aksi Sosial, Masyarakat Tani

Abstract

Organisasi sangat dibutuhkan untuk membantu dan mengkawal penyelesaian kasus yang dialami oleh petani. Sebagai Pilar demokrasi yang mewujudkan masyarakat sipil (civil society) yang kuat dan mampu memperjuangkan hak-hak rakyat dalam kehidupan bernegara dipegang oleh Organisasi masyarakat dan Lembaga Swadaya atau disebut sebagai Non-Govemmental (NGO). Serikat Petani Indonesia yang merupakan organisasi perjuangan petani Indonesia untuk memperoleh kebebasan dalam menyuarakan pendapat, berkumpul dan berorganisasi guna memperjuangkan hak-haknya yang selama ini ditindas. Maka atas dasar orientasi perjuangan yang dilakukan oleh Serikat Petani Indonesia Wilayah Sumatera Utara yang berfokus terhadap permasalahan petani yang semakin jauh dari rasa keadilan, dengan hal itulah penulis ingin melakukan penelitian untuk melihat bagaimana Peran Organisasi Dalam Aksi Sosial Masyarakat Tani (Studi Pada Serikat Petani Indonesia Wilayah Sumatera Utara) secara kongkrit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan objek dan fenomena yang diteliti. Berdasarkan temuan dari hasil penelitian, dalam melakukan perannya DPW SPI Sumatera Utara juga menempatkan diri sebagai social planner yang mana berperan mengumpulkan data untuk dianalisis dan menyajikan alternative tindakan yang rasional dalam mengakses sistem sumber yang ada untuk mengatasi masalah pemenuhan kebutuhan individu, kelompok dan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi IR, 2015. Kesejahteraan Sosial (Pekerja Sosial, Pembangunan Sosial, dan kajian pembangunan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Fachrudin A, 2012. Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: PT Refika Aditama

Hickey, S Mohan, Giles. Relocating participation within a radical politics of development. In: Development and Change. 2005 ; Vol. 36, No. 2. pp. 237-262.

Larasati LD, 2018. Demokrasi dan Organisasi Masyarakat Sipil: Malang Corruption Watch. Jurnal Satpol. 4: 168-184

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Muhtar, Gunawan, 2010. Kontribusi Organisasi Sosial dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial. Kementerian Sosial RI . 1-93.

Sinaga, R. P. K., & Adi, I. R. (2020). KONDISI EKONOMI PETANI DALAM KONFLIK AGRARIA (STUDI PADA ANGGOTA SERIKAT PETANI INDONESIA). Jurnal Pembangunan Manusia, 1(2), 4.

Yudhistira D, 2011. Gerakan Sosial Kaum Tani di Dewan Pengurus Wilayah Serikat Petani Indonesia Sumatera Utara. Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara.

Published

2022-03-30

How to Cite

Batubara, A. A., & Sinaga, R. P. K. (2022). Peran Organisasi Dalam Aksi Sosial Masyarakat Tani (Studi Pada Serikat Petani Wilayah Sumatera Utara) . Jurnal Kajian Agraria Dan Kedaulatan Pangan (JKAKP), 1(1), 47-51. Retrieved from https://talenta.usu.ac.id/jkakp/article/view/8301