ANALISIS PENDAPATAN DAN EFISIENSI PEMASARAN USAHA SAPI POTONG DI KABUPATEN LANGKAT

The Income Analysis and Marketing Efficiency of Beef Cattle Business in Langkat District

Authors

  • Achmad Syahdani Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Hasnudi Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Nevy Diana Hanafi Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32734/jpi.v4i3.2799

Keywords:

Pendapatan Peternak, Efisiensi Pemasaran, Sapi Potong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pendapatan dan efisiensi pemasaran usaha
sapi potong. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Langkat mulai bulan Juni sampai September
2014. Penelitian ini menggunakan proportional stratified random sampling dan diperoleh 219
responden, yaitu kecamatan Batang Serangan (111 responden), Besitang (69 responden) dan Sirapit
(39 responden). Efisiensi pemasaran didapat melalui metode wawancara terhadap peternak,
pengumpul, rumah potong hewan, pedagang pasar dan konsumen akhir mengenai harga jual sapi
potong.
Hasil penelitian menujukkan bahwa skala usaha berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap
pendapatan peternak, sedangkan umur peternak, tingkat pendidikan, pengalaman beternak, jumlah
tanggungan keluarga dan biaya prduksi berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap pendapatan
peternak. Terdapat 3 pola saluran pemasaran sapi potong dimana pola I (peternak, pedagang pasar dan
konsumen akhir) adalah saluran pemasaran yang paling efisien. Kesimpulan penelitian ini adalah
skala usaha memberikan pengaruh positif terhadap pendapatan dan semakin pendek saluran
pemasaran maka meningkatkan efisiensi pemasaran sapi potong.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-12-20