The Effect of self-disclosure on the quality of friendship in adolescent Army fandom

Pengaruh self-disclosure terhadap kualitas pertemanan pada remaja fandom ARMY

Authors

  • Ade Rahmawati Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara
  • Zahra Sherina Luthfiya Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/psikologia.v18i1.10169

Keywords:

self-disclosure, quality of friendship, ARMY fandom

Abstract

This study aims to determine the influence of self-disclosure on the quality of friendship in adolescent ARMY Fandom. The subjects in this study were 300 ARMY fandom adolescents (aged 18-21 years) who had fellow ARMYs recruited incidentally. The result of this study shows that there is an influence of self-disclosure on quality friendship in adolescent ARMY Fandom.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angraini, D. & Cucuani, H. (2014). Hubungan kualitas persahabatan dan empati pada pemaafan remaja akhir. Jurnal Psikologi, 10(1)

Baron, R. A., & Byrne, D. (2004). Psikologi sosial. Erlangga.

Berndt, J.T. (2002). Friendship quality and social development. Psychological science.

DeVito, Joseph A. (2011). Komunikasi antarmanusia: edisi kelima. Karisma Publishing Group.

Gainau, B. M. (2009). Keterbukaan diri (self disclosure) siswa dalam perspektif budaya dan implikasinya bagi konseling.

Hermanto, L. & Salindeho, M. (2021). Analyzing the impact of BTS on resolving the problem of youth mental health. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan.

Khairil, M., Yusaputra, I. M. & Nikmatusholeha. (2019). Efek ketergantungan remaja kpopers terhadap media sosial di Kota Palu. Jurnal APIKOM, 4(4)

Khirunnisa, D. (2019). Budaya K-Pop dan kehidupan sosial remaja (studi kasus pada mahasiswa Jurusan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta). Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Marita, Nelda. (2013). Hubungan antara kualitas persahabatan dengan kebahagiaan pada remaja. Skripsi. Universitas Sultan Syarif Kasim Riau.

Maulida, N. C. & Kamila, D. A. (2021). Pengaruh K-POP brand ambassador terhadap loyalitas konsumen (Studi pada Pengguna Shopee). KINESIK, 8(2).

Miftahurezzki & Anshori, S. (2021). Analisis pesan motivasi dalam lirik lagu K-POP BTS Answer: Love Myself. Kaganga Komunika: Journal of Communication Science.

Nihayati, A. (2021). Rentang umur ARMY BTS. Diakses melalui https://sragenupdate.pikiran-rakyat.com/entertaiment/pr-1842296554/berikut-rentang-umur-army-bts-ada-army-berusia-diatas-60-tahun pada tanggal 11 November 2021.

Nugrahwati, R. & Dewi, S. K. (2015). Pengungkapan diri ditinjau dari dukungan sosial teman sebaya pada mahasiswa tahun pertama Universitas Diponegoro.

Ratnasari, A. (2007). Pengaruh komunikasi antarpribadi bermedia internet terhadap persahabatan mahasiswa di dunia maya. Mediator, 8(1)

Rubin, K.H., Bukowski, W.M., & Laursen, B. (2009). Handbook of peer interactions, relationships, and groups. The Guilford Press.

Salsabila, M. S. & Maryatmi, S.A. (2019). Hubungan kualitas pertemanan dan self disclosure dengan subjective well-being pada remaja putri kelas xii di SMA NEGERI ‘X’ Kota Bekasi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora 3(3).

Sandjojo, T. C. (2017). Hubungan antara kualitas persahabatan dengan kebahagiaan pada remaja urban. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6.(2).

Santrock (2003). Perkembangan remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Sherly., Hartini, S., & Manurung, S. Y. (2019). Intimasi pertemanan ditinjau dari self-disclosure pada mahasiswa Jurusan Kebidanan Universitas Prima Indonesia. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 2(1).

Stefanie. (2016). Keterbukaan diri dalam membangun hubungan persahabatan diadik laki-laki dan perempuan. Jurnal Ilmu Komunikasi Ultimacom. Vol. 8(2).

Sumunarsih, B. S. (2020). Produktivitas fandom ARMY dalam kegiatan fundraising di surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Utami, S. S. L., Lingga., & Setyanto, Y. (2019). Self-disclosure pada penggemar K-POP. Komunikasi Multikultur di Indonesia.

Wahidah, A., Nurbayani, S. & Aryanti, T. (2020). Korean wave: lingkaran semu penggemar indonesia. Sosietas Jurnal Pendidikan Sosiologi 10 (2).

Zahra, S. (2019). Penggemar dudaya K-Pop (studi mengenai ideologi penggemar budaya k-pop pada fandom IKONIC di Kota Surabaya). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga.

Published

2023-05-29