PERAN PERCEIVED VALUE DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP INTENSI MEMBELI ULANG PADA PENGGUNA TRANSPORTASI ONLINE

THE ROLE PERCEIVED VALUE AND SALES PROMOTION TOWARD CUSTOMER SATISFACTION AND IMPACT ON REPURCHASE INTENTION AMONG USERS OF ONLINE TRANSPORTION

Authors

  • Shoffa Malini Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Zulkarnain Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Eka Danta Jaya Ginting Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32734/psikologia.v12i2.2255

Keywords:

Intensi Membeli Ulang, Kepuasan Pelanggan, Perceived Value, Promosi Penjualan, Transportasi online

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran perceived value dan promosi penjualan terhadap kepuasan pelanggan, serta pengaruh kepuasan pelanggan terhadap intensi membeli ulang pada pengguna transportasi online. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling yang melibatkan 355 orang pengguna transportasi online. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis jalur. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa perceived value dan promosi penjualan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan dan positif terhadap intensi membeli ulang. Selain itu, perceived value dan promosi penjualan berpengaruh signifikan dan positif terhadap intensi membeli ulang melalui mediasi kepuasan pelanggan. Implikasi dari penelitian ini dapat membantu pihak transportasi online untuk mempertahankan dan terus meningkatkan kualitas nilai jasa yang ditawarkan bagi penggunanya, baik dari segi manfaat promosi penjualan yang ditawarkan, maupun penciptaan custumer perceived value yang positif yang akan berdampak baik kepada peningkatan kepuasan pelanggan dan intensi untuk menggunakannya kembali.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-08-04