Self control, extrovert personality and impulsive buying behaviors among online gamers
Kontrol diri, kepribadian ekstrovert dan perilaku impulsive buying pada pemain game online
DOI:
https://doi.org/10.32734/psikologia.v17i2.9538Keywords:
self control, ekstrovert personality, impulsive buying, online gameAbstract
This study aims to determine whether there is a relationship between self-control and extrovert personality with impulsive buying. The subjects in this study were online game players in Indonesia. Samples were taken using the purposive sampling technique and using table theory from Isaac & Michael in determining the number of samples and obtained 272 respondents. The analysis used is multiple linear regression and the results of the analysis show that there is a significant relationship between self-control and extrovert personality with impulsive buying in online game players. In addition, self-control and extrovert personality provide an effective contribution of 13.5% to impulsive buying and the remaining 86.5% is influenced by other factors that have not been studied by researchers.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kontrol diri dan kepribadian ekstrovert dengan impulsive buying. Subjek dalam penelitian ini yaitu para pemain game online di indonesia. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan memakai teori tabel dari Isaac & Michael dalam menentukan jumlah sampel dan diperoleh 272 responden. Analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda dan dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kontrol diri dan kepribadian ekstrovert dengan impulsive buying pada pemain game online. Selain itu Kontrol diri dan Kepribadian Ekstrovert memberikan sumbangan efektif sebesar 13.5 % terhadap Impulsive buying dan sisanya 86.5 % dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti oleh peneliti.
Downloads
References
Alwisol. (2004). Psikologi kepribadian. UMM Press.
Aprilia, L., & Nio, S. R. (2019). Hubungan antara kontrol diri dengan kecenderungan impulsive buying pada mahasiswa. Jurnal Riset Psikologi.
Arisandy, D. (2017). Kontrol diri ditinjau dari impulsive buying pada belanja online. Jurnal Ilmiah Psyche, Vol.11 No.1, 63–74.
Arisandy, D., & Hurryati, D. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan impulsive buying pada mahasiswi fakultas psikologi di perguruan tinggi wilayah Palembang yang melakukan belanja online. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Kesehatan, Vol 3, No.1.
Balik, D., & Tupamahu, F. A. S. (2020). Efek moderasi kontrol diri pada hubungan sifat materialisme terhadap pembelian impulsive online. Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis, Vol. 1, No. 2.
CNN Indonesia. (2020). Pengguna gim online meningkat 75 persen kala corona.
Dyulgerova, H., & Devreli, P. (2019). Hedonic motives: Influencing players’ impulse buying purchases of virtual goods. Semantics Schoolar.
Edy, I. C., & Haryanti, S. S. (2018). Impulsive buying behavior pada konsumen online. Prosiding : The National Conferences Management and Business (NCMAB).
Elnina, D. R. (2022). Kemampuan self control mahasiswa ditinjau dari perilaku impulsive buying terhadap produk fashion. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, Volume 2, No. 1.
Firhan, R., & Nio, S. R. (2021). Hubungan regulasi diri dengan pembelian impulsif remaja putri bukittinggi terhadap produk pakaian. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 5 Nomor 2, Halaman 3737-3743.
Garvin, Claudia, J., & Evita, I. (2019). Micro transaction dalam online game: apakah memicu perilaku belanja online yang bermasalah ? Psyche : Jurnal Psikologi, Vol.1 No.2.
Gumeular, A. T., & Eryani, R. D. (2016). Studi deskriptif mengenai impulse buying pada gamers game online dragon nest kota bandung descriptive study on impulse buying of gamers online games dragon nest bandung city. Prosiding Psikolog, Volume 2, No.2.
Handayani, A., Maryanti, S., & M, S. (2018). Pengaruh tipe kepribadian terhadap impulsive buying pada mahasiswa psikologi Universitas Esa Unggul yang melakukan pembelian secara online shoping. Jurnal Psikologi.
Harahap, J. Y. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan ketergantungan internet di pustaka digital perpustakaan daerah Medan. Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling, Vol. 3 No. 2, Hal 131-145.
Larisa, V., & Farid. (2021). Pengaruh personality traits dan hedonic consumption terhadap impulsive buying dimediasi oleh positive feeling di matahari departement store kota banda aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, Vol. 6, No. 1, Hal 63-76.
Miranda, Y. C. (2016). Kajian terhadap faktor yang mempengaruhi impulse buying dalam online shopping. Universitas Machung, Vol 10, No 1.
Mubarok, F. H. (2021). Hubungan antara kecanduan game online dengan pembelian impulsif perangkat game pada mahasiswa. Acta Psychologia, Volume 3 Nomor 1, 69–80.
Muhid, A. (2019). Analisis Statistik. Zifatama Jawara.
Purnasari, A. C., & Rastini, N. M. (2018). Peran kenikmatan berbelanja dalam memediasi kepribadian terhadap impulsive buying. Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, Volume 1, Nomor 3.
Savitri, D., Aini, N., & Suyono, J. (2020). The influence of personality, shop enjoyment, and impulsive buying tendency on impulsive buying behavior in transmart Ngagel Surabaya. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), Volume 03 Number 02.
Siregar, N. F., & Rini, Q. K. (2019). Regulasi diri dan impulsive buying terhadap produk fashion pada remaja perempuan yang berbelanja online. Jurnal Psikologi, Volume 12 No.2. https://doi.org/10.35760/psi.2019.v12i2.2445
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta CV.
Susilawati, E., & Wahdiniwaty, R. (2015). Pengaruh kepribadian dan harga terhadap impulse buying pada produk novel di toko bandung book enter wilayah Bandung. JIMM UNIKOM, Vol. 01 No, 01.
Tayibnapis, R. G. (2019). Fenomena game online dan pembaruan teknologi komunikasi sebagai media baru. Universitas Satya Negara Indonesia, 32–50.
Wahyudi, R., & Kurniawan, I. S. (2019). Pengaruh kontrol diri, stabilitas emosi, ekstrovert dan ketelitian terhadap keputusan pembelian tiba tiba pada masyarakat DIY. EFEKTIF : Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Volume 10, No.1.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Psikologia: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.