Analisisis Online Engagement Melalui Media Sosial Instagram pada Toko iPhone Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.32734/komunika.v19i02.13757Abstract
Â
Online engagement merupakan kegiatan yang berlangsung dengan mengandalkan individu dengan pesan-pesan yang disampaikan melalui jaringan internet sebagai komunikasi di media sosial terhadap sebuah merek yang memungkinkan terjadinya perubahan perilaku pelanggan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis online engagement di toko iPhone Gorontalo melalui media sosial Instagram. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah konsep dari engagement dan social media marketing. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan informasi dari owner, admin marketing dan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iPhone Gorontalo lebih memfokuskan pemasaran produk melalui media sosial Instagram karena dilihat dari jumlah followers dan likers yang ada di Instagram meningkat dan di media sosial Instagram lebih mudah membagikan konten produk karena adanya fitur IG story dan juga reels sehingganya para pelanggan mudah mendapatkan informasi lengkap mengenai iPhone Gorontalo. Yang dilihat dari 5 element engagement yaitu, social engagement, cognitive engagement, behavioral engagement, collaborative engagement dan emotional engagement. 5 element engagement dalam online engagement tersebut ternyata konten yang berisikan informasi mengenai produk iPhone Gorontalo lebih berdampak pada peningkatan engagement konten tips dan trik yang merupakan konten iPhone Gorontalo mendapatkan lebih banyak pemutaran konten dan mendapat banyak like di banding konten yang bersifat hiburan. Sehingganya online engagement dapat di terapkan di media sosial Instagram yang dapat membuat Instagram iPhone Gorontalo mendapat banyak pengunjung atau followers serta mendapat banyak like, komen dan share di postingan milik iPhone Gorontalo yang juga membuat pelanggan yang awalnya hanya pelanggan biasa hingga menjadi pelanggan loyal dan perekomendasi merek.
Kata Kunci: Analisis, Online Engagement, Media Sosial, Instagram, Pemasaran
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 KomunikA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.