Strategi Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pesantren Darul Arafah

Authors

  • Purbatua Manurung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Afwan Syahril UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/komunika.v19i02.13789

Keywords:

Keyword: Strategi, komunikasi efektif, pembelajaran pendidikan agama islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) strategi komunikasi yang muncul dalam pembelajaran pendidikan agama islam Pesantren Darul Arafah di kelas 2 MA, (2) strategi komunikasi yang paling sering digunakan oleh guru dalam pembelajaran pendidikan agama islam Pesantren Darul Arafah di kelas 2 MA dan (3) alasan guru memilih strategi komunikasi tersebut dalam pembelajaran Pendidikan agama islam Pesantren Darul Arafah di kelas 2 MA. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 2 MA yang berjumlah 3 orang. Objek penelitian ini adalah strategi komunikasi guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) munculnya berbagai strategi komunikasi yakni strategi pencapaian dengan bagiannya yaitu penggunaan sarana nonlinguistis, permintaan bantuan, alih kode, pendekatan makna semantis, dan strategi mengulur-ulur waktu dengan bagiannya yaitu penggunaan bentuk tegun dan pengulangan kata, (2) strategi komunikasi yang paling sering digunakan guru adalah strategi komunikasi pencapian dengan bagiannya yaitu penggunaan sarana non-linguistis dan permintaan bantuan, dan (3) pemilihan strategi yang digunakan guru didasarkan atas pemikiran tentang karakteristik siswa yang sedang diajarkan. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti lain disarankan untuk meneliti lebih mendalam lagi tentang strategi komunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-09-30