Persepsi Mahasiswa Terhadap Aplikasi Tik Tok

(Studi Deskriptif Kuantitatif Aplikasi Tik Tok di Kalangan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP USU Stambuk 2015 dan 2016)

Authors

  • Suwardi Lubis Universitas Sumatera Utara
  • Violita Anjani Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/komunika.v16i1.5372

Keywords:

Persepsi, Mahasiswa, Aplikasi Tik Tok, Komunikasi

Abstract

Penelitian ini berjudul “Persepsi Mahasiswa Terhadap Aplikasi Tik Tok (Studi Deskriptif Kuantitatif Aplikasi Tik Tok di Kalangan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP USU Stambuk 2015 dan 2016)”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP USU stambuk 2015 dan 2016 terhadap aplikasi Tik Tok, mengetahui keefektifan dari aplikasi Tik Tok dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP USU stambuk 2015 dan 2016 terhadap aplikasi Tik Tok. Teori yang digunakan adalah komunikasi, teknologi komunikasi, media baru, dan persepsi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 238 mahasiswa. Peneliti menggunakan presisi sebesar 5% dan sampel ditentukan dengan purposive sampling. Dari rumus tersebut, maka diperoleh sampel sebanyak 149 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, dari 149 mahasiswa, hanya 10.1% atau 15 orang yang menggunakan aplikasi TikTok. Hal ini menunjukkan ketidaktertarikan responden penelitian terhadap aplikasi Tik Tok. Persepsi dari sampel yang terpilih menunjukkan, 71 orang merasa aplikasi Tik Tok membawa pengaruh buruk kepada penggunanya. Sementara itu, sebanyak 64 orang mengatakan bahwa aplikasi Tik Tok telah disalahgunakan oleh penggunanya. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa mengenai aplikasi Tik Tok adalah banyaknya kasus atau peristiwa yang negatif mengenai aplikasi Tik Tok.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-03-01