GAYA KOMUNIKASI DAN CITRA DIRI SELEBGRAM PEREMPUAN DI KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.32734/komunika.v14i2.5895Keywords:
Selebgram, Gaya Komunikasi, Citra diri, Asertif- Pasif, Positif- NegatifAbstract
Penelitian ini berjudul “ Gaya Komunikasi dan Citra Diri Selebgram Perempuanâ€. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui Karakteristik dan Gaya Komunikasi serta menjelaskan tentang Citra Diri Selebgram Perempuan. Adapun kajian pustaka yang menjadi pendukung dalam penelitian adalah Komunikasi, Komunikasi Antarpribadi, Gaya Komunikasi, Citra Diri, Citra Diri Perempuan, Media Baru dan Selebgram. Analisis data yang dilakukan menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Terdapat tiga kesimpulan dari hasil penelitian ini, yang pertama karakteristiknya selebgram di Kota Medan yang diwakili oleh keempat informan ini bahwa followers yang mereka miliki berbeda-beda jumlahnya sedangkan dari segi penghasilannya, penghasilan terendah sebesar 3 juta dan yang terbesar adalah 15 juta perbulan. Dua diantara empat informan lebih menyukai make-up high end, dari segi perawatan rambut dan wajah biaya yang terbesar dikeluarkan oleh selebgram adalah sebanyak 1-2 juta dalam sekali ke salon. Kedua, gaya komunikasi yang digunakan selebgram perempuan di kota Medan yang terwakili oleh empat selebgram ini maka dua dari empat informan tersebut memiliki gaya komunikasi asertif-pasif, kemudian satu bergaya komunikasi agresif dan yang lainnya bergaya komunikasi asertif. Ketiga, citra diri selebgram perempuan di kota Medan dalam penelitian ini yang terwakili oleh empat informan menunjukkan hasil bahwa dua memiliki citra positif dan dua lainnya memiliki citra positif- negatif.
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2018 KomunikA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.