PENGGUNAAN AKUN INSTAGRAM INDOMUSIKGRAM DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN HIBURAN
(Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Penggunaan Akun Instagram Indomusikgram dalam Pemenuhan Kebutuhan Hiburan di Kalangan Mahasiswa Universitas Sumatera Utara)
DOI:
https://doi.org/10.32734/komunika.v14i2.5939Abstract
Penelitian ini berjudul “Penggunaan Akun Instagram Indomusikgram dalam Pemenuhan Kebutuhan Hiburan”. Studi deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran umum, penggunaan, motif dan pemenuhan kebutuhan hiburan setelah menggunakan akun instagram Indomusikgram di kalangan mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Komunikasi massa, Teknologi komunikasi, Media baru, Media sosial, Instagram, dan Teori uses and gratifications. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Sumatera Utara strata 1 angkatan 2017, 2018, 2019 yang berjumlah 8.579 orang, menggunakan rumus Taro Yamane diperoleh jumlah sampel sebanyak 99 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan Proportional Stratified Random Sampling dan Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner (field Research) dan metode kepustakaan (library Research). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tabel tunggal dengan menggunakan aplikasi Statistical Product and System Solution (SPSS) versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa USU menyatakan akun instagram Indomusikgram menarik untuk digunakan. Mayoritas mereka adalah pengguna aktif akun instagram Indomusikgram. Motif mahasiswa USU menggunakan akun instagram Indomusikgram beragam yakni; melepaskan diri dari rutinitas, bersantai, mengisi waktu luang, serta menyalurkan emosi, namun umumnya mereka menggunakannya untuk mengisi waktu luang. Mayoritas mahasiswa USU menyatakan kebutuhan hiburan mereka terpenuhi dan puas setelah menggunakan akun instagram Indomusikgram.
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2018 KomunikA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.