STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA

(Studi Kualitatif tentang Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata dalam Mempromosikan Objek Wisata Rohani Salib Kasih di Kabupaten Tapanuli Utara)

Authors

  • Mika Perawati Tampubolon Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/komunika.v13i2.6456

Keywords:

Komunikasi Pariwisata, Strategi Komunikasi, Bauran Promosi, Objek Wisata Rohani Salib Kasih

Abstract

Penelitian ini berjudul  Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata (Studi Kualitatif tentang   Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata dalam Mempromosikan Objek Wisata Rohani Salib Kasih di Kabupaten Tapanuli Utara). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dalam mempromosikan objek wisata rohani Salib Kasih di Kabupaten Tapanuli Utara). Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan promosi objek wisata rohani Salib Kasih Kabupaten Tapanuli Utara serta solusi dalam mengatasi hal-hal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik accidental sampling dan snowball sampling dalam mengumpulkan informan. Dari hasil penelitian di lapangan, peneliti menemukan bahwa strategi komunikasi yang sudah digunakan oleh Dinas Pariwisata adalah iklan, promosi penjualan, dan pemasaran langsung.Selain itu, baik permerintah maupun masyarakat melakukan upaya promosi melalui mulut ke mulut, dan ini adalah promosi yang paling efektif berhasil dilaksanakan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-09-01