KOMUNIKASI PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN

(Studi Korelasional tentang Pengaruh Komunikasi Pemasaran Produk BrunBrun Paris terhadap Kepuasan Pelanggan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara)

Authors

  • Novi Handayani Universitas Sumatera Utara
  • Dewi Kurniawati Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/komunika.v17i1.6804

Abstract

 

Penelitian ini berjudul “Komunikasi Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran BrunBrun Paris terhadap kepuasan pelanggan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Teori yang menjadi pendukung dalam penelitian ini antara lain Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Teori AIDA, Marketing Mix, dan Kepuasan Pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode korelasional, yaitu bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi pemasaran BrunBrun Paris terhadap kepuasan pelanggan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 5.296 orang dengan menggunakan rumus Taro Yamane sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 98 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan Purposive Sampling dan Accidental Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan penelitian lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis tabel tunggal, analisis tabel silang, dan uji hipotesis dengan rumus Koefisien Korelasi Tata Jenjang (Rank Order) oleh Spearman dengan menggunakan aplikasi Stattitical Product and System Solution (SPSS) versi 25. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh komunikasi pemasaran BrunBrun Paris terhadap kepuasan pelanggan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,857 dalam skala hubungan yang tinggi dengan persentase kekuatan pengaruh sebesar 73%. Hal ini bermakna Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara puas terhadap komunikasi pemasaran BrunBrun Paris, baik itu variasi produk yang ditawarkan, harga yang diberikan, penempatan lokasi yang strategis, pemberian diskon ataupun pemberian produk gratis, maupun pelayanan yang diberikan oleh SPG/SPB BrunBrun Paris.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-03-01