PENGARUH PENGGUNAAN SHOPEEPAY SEBAGAI DOMPET DIGITAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FEB USU

Authors

  • Azka Fikri Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/komunika.v17i2.7556

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, ShopeePay, Perilaku Konsumtif

Abstract

Penelitian ini berjudul  Pengaruh Penggunaan ShopeePay Sebagai Dompet Digitial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEB USU. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunan ShopeePay, untuk mengetahui perilaku konsumtif mahasiswa FEB USU, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan ShopeePay terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEB USU. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain; Komunikasi Pemasaran, Perkembangan Teknologi Komunikasi, Determisnisme Teknologi,New Media, Internet, Financial Technology, Dompet Digital, Perilaku Konsumen, dan Perilaku Konsumtif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara angkatan 2018 dan 2019 berjumlah 1303. Kemudian sampel diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi 10% dan tingkat kepercayaan 90% maka jumlah sampel sebanyak 93 responden. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah proportional stratified random sampling, purpossive sampling, dan accidental sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data Penelitian Kepustakaan dan Penelitian Lapangan. Kemudian teknik analisis data menggunakan analisis tabel tunggal, analisis tabel silang, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus koefisien korelasi tata jenjang (Spearman’s Rank Order Correlations) melalui aplikasi SPSS versi 26. Dari hasil uji hipotesis, terdapat pengaruh penggunaan ShopeePay terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEB USU  yang diperoleh dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,678 dalam skala hubungan yang cukup berarti. Kemudian hasil uji determinasi didapati bahwa penggunaan ShopeePay berpengaruh sebesar 46% terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEB USU. Berdasarkan data hasil penelitian sebanyak 49 responden sudah menggunakan lebih dari 9 bulan dan sejak April 2020 – Maret 2021 sudah menggunakan dalam bertransaksi lebih dari 9 kali. Kemudian juga responden menggunakan ShopeePay agar mendapatkan gratis ongkos kirim, cashback atau pun diskon ketika bertransaksi menggunakan ShopeePay.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-11-15