EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN IKLAN DI PRODUK CETAK DAN PRODUK ONLINE LEMBAGA PERS MAHASISWA DINAMIKA UIN SUMUT

Authors

  • Agung Prasetya Universitas Islam negeri sumatera utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/komunika.v17i2.7573

Keywords:

Efektivitas, Komunikasi Pemasaran, Iklan, Lembaga Pers Mahasiswa Dinamika UIN Sumut

Abstract

Penelitian ini berjudul Proses “Efektivitas Komunikasi Pemasaran Iklan di Produk Cetak dan Produk Online Lembaga Pers Mahasiswa Dinamika Uin Sumutâ€. Teori-teori yang digunakan adalah teori A-T-R (Awareness, Trial, and Reinforcement) yang dicetuskan oleh Ehrenberg, teori periklanan menurut Tjiptono, dan teori komunikasi pemasaran menurut Lasswell. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Pers Mahasiswa Dinamika di UIN Sumut dengan fokus penelitian, yaitu: (1) Kesadaran (awareness) khalayak akan adanya produk yang diiklankan; (2) Percobaan (trial) yang dilakukan khalayak terhadap usaha/ produk yang diiklankan, dan (3) Hasil penguatan (reinforcement) dari usaha/ produk yang diiklankan di  produk cetak dan online LPM Dinamika UIN Sumut.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan empat metode, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Adapun data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tiga teknik, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dan verifikasi data.  Hasil yang didapatkan dari penelitian ini, yaitu (1) kesadaran khalayak akan adanya produk yang diiklankan di produk cetak dan online LPM Dinamika di UIN Sumut menyatakan bahwa rata-rata merasakan atau sadar akan adanya iklan tersebut di sekitar mereka; (2) dari peneletian ini, teori trial atau tindakan percobaan dinyatakan berhasil pada keempat iklan tersebut; (2) efek dari pemasangan iklan di produk cetak dan online LPM Dinamika menyatakan bahwa ada tiga iklan yang merasakan efek yang baik pada usahanya setelah beriklan di Majalah Dinamika edisi 54, yaitu iklan Halwey Skincare, ADA Store, dan Ayam Potong Bagus. Namun, ada pengiklan yang kurang merasakan efek dari beriklan di produk online portal berita LPM Dinamika, yaitu iklan NF Olshop.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-09-01