PENGARUH AKUN INSTAGRAM @SUMBAR_RANCAK TERHADAP MINAT BERKUNJUNG FOLLOWERS KE SUATU DESTINASI

Authors

  • Noviawan Ohorella Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma
  • Annisa
  • Edy Prihantoro

DOI:

https://doi.org/10.32734/komunika.v18i2.9045

Abstract

Keberadaan sosial media Instagram mampu menambah pengetahuan masyarakat Sumatra Barat maupun dari luar Sumatra Barat melalui adanya tayangan atau postingan tentang dunia pariwisata. Tingginya pengguna sosial media mampu meningkatkan minat berkunjung masyarakat ke suatu destinasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial @sumbar_rancak terhadap minat berkunjung followers kesuatu destinasi,  Populasi dalam penelitian ini adalah followers pada akun @sumbar_rancak. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode riset kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengirimkan kuisioner secara online dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reabilitas nya. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori SOR dan teknik ditentukan berdasarkan sampling random sederhana dengan jumlah sampel 30. Selanjutnya dianalisis melalui tingkat pencapaian responden, uji regresi sederhana dan uji t. dibuktikan menurut koefisien determinasi adalah sebesar 0,05 atau sama dengan 5%.  Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel postingan yang ada didalam akun @sumbar_rancak terhadap pengaruh minat berkunjung followers dengan tingkat kolerasi yang kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-09-01