Efektivitas Online Customer Review Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada TikTok Shop
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32734/cjcs.v1i02.13227Keywords:
Online Customer Review, Minat BeliAbstract
Ketika melakukan transaksi secara online maka konsumen tidak dapat mengetahui bentuk asli dari produk yang dibelinya, sehingga untuk memenuhi kebutuhan informasi calon konsumen, pencarian informasi didapatkan melalui e-WOM dalam bentuk online customer review yang menyampaikan sebuah informasi melalui internet.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh online customer review terhadap minat beli pada pengguna TikTok Shop di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan dengan pendekatan deskriptif. Peneliti memeperoleh data primer melalui wawancara dan observasi secara langsung kepada konsumen pada TikTok Shop di Kota Medan dan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa online customer review sangat efektif dalam meningkatkan minat beli pada konsumen di TikTok Shop. Review yang ada pada TikTok Shop memberikan banyak manfaat untuk konsumen salah satunya adalah membantu konsumen dalam proses pencarian informasi mengenai produk. Hasil penelitian menunjukkan jika, review positif mempengaruhi kepercayaan konsumen sehingga meningkatkan minat beli terhadap suatu produk. Peneliti juga melihat kecenderungan konsumen untuk membaca hasil review sebelum membeli suatu produk. Hal ini berarti bahwa jika online customer review yang diberikan pelanggan sebelumnya baik maka dapat menimbulkan keyakinan, sikap dan perilaku dalam timbulnya minat beli secara online..