Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Pada Karyawan Salam Televisi Medan
DOI:
https://doi.org/10.32734/cjcs.v1i02.14376Keywords:
Iklim Komunikasi Organisasi, Motivasi Kerja, Karyawan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari iklim komunikasi organisasi terhadap motivasi kerja pada karyawan Salam Televisi. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan kuesioner yang disebarkan ke responden yaitu karyawan Salam Televisi yang berjumlah sebanyak 27 orang. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode regresi linear sederhana dengan mengolah data penelitian menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa iklim komunikasi organisasi dan motivasi kerja pada karyawan ke dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 78% untuk iklim komunikasi organisasi dan 85% untuk motivasi kerja. Setelah melakukan analisis pada hasil data dari kuesioner, ditemukan persamaan regresi dari kedua variabel 𑌠= 4.127 + 0,418X. Kemudian koefisien regresi sebesar 0,643 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang akan dibandingkan dengan nilai probabilitas sebesar 0,05, maka dengan demikian 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang menjelaskan bahwa terdapat signifikan antara iklim komunikasi organisasi dengan motivasi kerja. Dengan memiliki pengaruh sebesar 41,4% yang berasal dari hasil perhitungan koefisien determinasi.