STUDI EKSPERIMENTAL KEBISINGAN PADA KAMPAS REM SEPEDA MOTOR YANG TERBUAT DARI MATERIAL KOMPOSIT HAZELNUT, PINEAPPLE, ALUMINIUM

Authors

  • Rizky Ramadhan Universitas Sumatera Utara
  • Ikhwansyah Isranuri Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/dinamis.v10i1.9085

Keywords:

Eksperimental, Hazelnut Pineapple Aluminium, Kampas Rem, Kebisingan, Komposit, Eksperimental, Hazelnut Pineapple Aluminium, Kampas Rem, Kebisingan, Komposit

Abstract

Kampas rem merupakan bantalan yang berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan yang terdapat pada bagian sistem pengereman, dan menimbulkan kebisingan pada saaat pengereman. Maka dari itu perlu dilakukan kajian tentang kebisingan pada kampas rem dengan metode eksperimental. Kebisingan kampas rem diukur menggunakan alat SLM (Sound Level Meter) untuk mendapatkan nilai kebisingan pada kampas rem HPA dan AHM sebagai perbandingan kebisingan. Kampas rem komposit HPA (Hazelnut, Pineapple, Aluminium) menggunakan komposisi bahan kemiri 61%, serat daun nanas 0,8%, aluminium 8,2%, dan poliuretan yaitu polyiscocyanate 20% dan polyol 20%. Dari hasil eksperimental kebisingan tertinggi kampas rem HPA beban 500 gram terjadi pada putaran 900 rpm jarak pengukuran 5 cm sumbu Z dengan nilai 78,5 dB. Kebisingan tertinggi kampas rem HPA beban 750 terjadi pada putaran 900 rpm pada jarak 5 cm di sumbu Z dengan nilai 78,8 dB. Nilai kebisingan tertinggi pada kampas rem AHM beban 500 gram terjadi pada putaran 900 rpm pada jarak pengukuran 5 cm di sumbu Y- dengan nilai 80,1 dB. Serta nilai kebisingan tertinggi beban 750 gram terjadi pada putaran 900 rpm pada jarak pengukuran 5 cm di sumbu Y- dengan nilai 81,3 dB. Dari data kebisingan tersebut dapat disimpulkan bahwa kebisingan yang dihasilkan pada kampas rem HPA lebih baik dibandingkan dengan kebisingan yang dihasilkan pada kampas rem AHM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Callister, William D. 2007. Material Science and Engineering An Introduction. New York: John Wiley and Sons, Inc

Cecep Dani Sucipto. (2014). Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Yogyakarta: Gosyen Publishing

Chandra B, 2012. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Davis, M.L. & Cornwell D.A. 1998. Introduction To Environmental Engineering, Third Edition, McGraw-Hill, Inc. Singapore.

Derek H., 1981. An Introduction to Composite Materials. Cambridge Solid States. ScienceSeries, London

D. P. Wang, J. S. Cao, and W. Z. Liu, Noise analysis of disc brake for automobile, Applied Mechanics and Materials, vol. 483, pp. 271–274, 2013.

Emira Eldina, dkk., 2016. Aluminium. [Skripsi]. Padang: Universitas Negeri Padang

Gabriel, J.F. 1999. Fisika Lingkungan.Jakarta : EGC

Hashim, J., 2003. Pemrosesan Bahan, Edisi Pertama, Johor Bahru: Cetak Ratu Sdn. Bhd.

Matthews, F.L. dan Rawlings, R. D. 1993. Composite Material Engineering and Science, Imperial College of Science Technology and Madicine, London

Mikel, PG. (1996). Composite Material Fundamental of Modern Manufacturing Material, Processes and system. Prentice Hall.

Schwartz, M.M, 1984, Composite Material Handbook. Mc Graw Hill, Singapore.

Sihar, Tigor Benjamin Tambunan. 2005. Analisis Tingkat Kebisingan di Tempat. Kerja dan Keselamatan Kerja. Jakarta.

Silalahi, J. A., 2017. Pengembangan Bahan Kampas Rem Tromol (Drum Brake Pad) Sepeda Motor Berbahan Dasar Komposit Cangkang Kemiri, Aluminium, dan Serat Daun Nanas dengan Pengikat Poliuretan. [Thesis]. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Siregar, N. I., 2018. Studi Eksperimental Sifat Mekanis Material Komposit yang Digunakan sebagai Kampas Rem Sepeda Motor Berbahan Cangkang Kemiri, Serat Daun Nanas, Aluminium dengan Matriks Poliuretan. [Skripsi]. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Smallman, R. E., dan Bishop, R. J., 2000. Modern Physical Metallurgy and Materials Engineering. Hill International Book Company. New York.

Suma’mur, P. K., 1996. Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung.

Supriadi. 2018. Kajian Eksperimental Kinerja Kampas Rem Tromol (Brake Shoe) Sepeda Motor Bahan Komposit Cangkang Kemiri, Aluminium, Serat Daun Nanas dan Poliuretan dengan Komposisi 70:30%. [Thesis]. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Yassin, R. A., 2021. Analisa Performansi, Stabilitas, dan Slip pada Kampas Rem Tromol Berbahan Komposit HPA dalam Kondisi Kering dengan Metode Pengujian Jalan Menggunakan Sepeda Motor Honda Revo 110 CC. [Skripsi]. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles