Strategi Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak oleh Kampung Pendidikan Mandhala Senom di Desa Barurambat Timur, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan

Authors

  • Agustina Anisatul Khofifah Universitas Jember
  • Purwowibowo Universitas Jember
  • Sari Dewi Poerwanti Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.32734/intervensisosial.v1i2.10274

Keywords:

Human Service Organization, Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan, Kesejahteraan Anak

Abstract

Kampung pendidikan Mandhala Senom merupakan organisasi pelayanan sosial, berfokus pada bidang sosial pendidikan, organisasi ini didirikan untuk membantu masyarakat miskin, anak yatim, piatu, secara gratis dalam memperoleh pendidikan nonformal, serta berupaya dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pendidikan melalui berbagai program intervensi yang dibuat untuk mengatasi, dan menjawab kebutuhan dan permaslahan yang ada dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan dan hak anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan strategi pemenuhan kebutuhan pendidikan anak oleh kampung pendidikan Mandhala Senom. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, serta teknik keabsahan data yang digunakan yakni triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemenuhan kebutuhan pendidikan yang dilakukan oleh kampung pendidikan mandhala senom yakni adanya strategi pengembangan kapasitas organisasi, serta strategi pembelajaran. Hal ini dilakukan oleh kampung pendidikan mandhala senom untuk memenuhi kebutuhan pendidikan nonformal dan juga hak anak agar terpenuhinya kebutuhan pendidikan sehingga berdampak pada kesejahteraan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, I. R. 2015. Kesejahteraan Sosial (Pekerja Sosial, Pembangunan Sosial dan Kajian Pembangunan). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bagong, S. 2005. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group

Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Creswell, John W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Djamarah & Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Fahrudin, A. 2018. Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: PT Rafika Aditama

Jones, Andrew. 1995. Working in Human Services Organization, a Critical Introduction. Australia: Longman

Kettner, Daley & Nicholas.1995. Iniziating Change in Organization and Communities. California: Brooks/Cole Publishing Company

Ki Hajar Dewantara dalam Suwarno. Pengantar Ilmu Pendidikan. Aksara Baru, Jakarta: 1982

Moleong, L. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, CV.

Suharto, Edi 2014. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial Dan Pekerjaan Sosial. Bandung: Refika Aditama.

UUD 1945 Pasal 31 ayat 1. Tentang Kewajiban dan Hak Warga Negara Indonesia dalam Pendidikan. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5895945/isi-pasal-31-ayat-1---5-uud-1945-dan-hak-warga-negara

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Perbup No 57 tahun 2021 Tentang Gerakan Literasi Kabupaten yang tertuang pada Bab 3 Pasal 4

Undang-undang Republik Indonesia No 11 tahun 2019 tentang Kesejahteraan Sosial

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pasal 26 ayat 4

Undang-undang Nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas undang-undang Nomor 23 tahun 2022 tentang perlindungan Anak pasal 1 ayat 1

Artikel Jurnal Online

Bobi Gustiawan. 2018. Pemenuhan Hak-hak anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Tanggerang.

Chindy Octalizza Y. 2020. Pemenuhan Hak Anak Melalui Program Pendidikan Yuh Sekolah Maning di Panti Asuhan Al Mukhlisin Desa Lebakgowah Kecamatan Lebaksiu Tegal. Skripsi, 44 -50

Eni setyani, S. t. (n.d.). Pelayanan Sosial Di Bidang Pendidikan Faith Based Organization. share social work, 28.

Epida Sari. 2014. Pemenuhan Hak Anak Pemulung Melalui Program Pendidikan Dan Kesehatan Di Yayasan Tunas Mulia Kelurahan Sumur Batu Bantar Gebang Bekasi. Skripsi. 57

Muh.Fedryansyah, E. S. (2015). Pelayanan Sosial di Bidang Pendidikan Pada Faith Based Organization. Social Work Jurnal, 27.

Riri R. M. 2017. Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Warabal dalam Mengembangkan Minat Baca Anak Melalui Pendar dan Dongeng. Skripsi. 13 -15

Rossy Simawarta. 2014. Efektivitas Pelayanan Sosial Terhadap Anak Asuh oleh Yayasan Kinderfreude. Skripsi

Dodi Setiadi Lase. 2009 Efektifitas Pelayanan Sosial Anak di Bidang Pendidikan oleh Panti Asuhan Al-Washliyah Kelurahan Gedung Johor

Dewan Pendidikan Pamekasan. (2020) Selayang pandang kampung Pendidikan Mandhala Senom diunduh https://dewanpendidikanpmk.com/selayang-pandang-kampung-pendidikan-mandhala-senom/ Diakses pada 3 Januari 2022)

Data statistik kesejahteraan rakyat Kabupaten Pamekasan. (2020) diunduh di BPS pamekasan/ tanggal 1 Januari 2022

Data Statistik pendidikan Kabupaten Pamekasan 2020 Diakses Pada tanggal 3 Januari 2022

Fawaid, (2018) Website Kumparan Predikat kota pendidikan diakses di https://kumparan.com/akh-fawaid/predikat-kota-pendidikan / tanggal 1 September 2022)

Sabrina, TafsirWeb https://tafsirweb.com/3971-surat-ar-rad-ayat-11.html, Diakses pada tanggal 24 September 2022

Published

2022-12-26

How to Cite

Khofifah, A. A., Purwowibowo, & Poerwanti, S. D. (2022). Strategi Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak oleh Kampung Pendidikan Mandhala Senom di Desa Barurambat Timur, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan. Jurnal Intervensi Sosial, 1(2), 12-23. https://doi.org/10.32734/intervensisosial.v1i2.10274