Strategi Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak oleh Kampung Pendidikan Mandhala Senom di Desa Barurambat Timur, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.32734/intervensisosial.v1i2.10274Keywords:
Human Service Organization, Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan, Kesejahteraan AnakAbstract
Kampung pendidikan Mandhala Senom merupakan organisasi pelayanan sosial, berfokus pada bidang sosial pendidikan, organisasi ini didirikan untuk membantu masyarakat miskin, anak yatim, piatu, secara gratis dalam memperoleh pendidikan nonformal, serta berupaya dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pendidikan melalui berbagai program intervensi yang dibuat untuk mengatasi, dan menjawab kebutuhan dan permaslahan yang ada dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan dan hak anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan strategi pemenuhan kebutuhan pendidikan anak oleh kampung pendidikan Mandhala Senom. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, serta teknik keabsahan data yang digunakan yakni triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemenuhan kebutuhan pendidikan yang dilakukan oleh kampung pendidikan mandhala senom yakni adanya strategi pengembangan kapasitas organisasi, serta strategi pembelajaran. Hal ini dilakukan oleh kampung pendidikan mandhala senom untuk memenuhi kebutuhan pendidikan nonformal dan juga hak anak agar terpenuhinya kebutuhan pendidikan sehingga berdampak pada kesejahteraan anak.
Downloads
References
Adi, I. R. 2015. Kesejahteraan Sosial (Pekerja Sosial, Pembangunan Sosial dan Kajian Pembangunan). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Bagong, S. 2005. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group
Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Creswell, John W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah & Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Fahrudin, A. 2018. Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: PT Rafika Aditama
Jones, Andrew. 1995. Working in Human Services Organization, a Critical Introduction. Australia: Longman
Kettner, Daley & Nicholas.1995. Iniziating Change in Organization and Communities. California: Brooks/Cole Publishing Company
Ki Hajar Dewantara dalam Suwarno. Pengantar Ilmu Pendidikan. Aksara Baru, Jakarta: 1982
Moleong, L. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, CV.
Suharto, Edi 2014. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial Dan Pekerjaan Sosial. Bandung: Refika Aditama.
UUD 1945 Pasal 31 ayat 1. Tentang Kewajiban dan Hak Warga Negara Indonesia dalam Pendidikan. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5895945/isi-pasal-31-ayat-1---5-uud-1945-dan-hak-warga-negara
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Perbup No 57 tahun 2021 Tentang Gerakan Literasi Kabupaten yang tertuang pada Bab 3 Pasal 4
Undang-undang Republik Indonesia No 11 tahun 2019 tentang Kesejahteraan Sosial
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pasal 26 ayat 4
Undang-undang Nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas undang-undang Nomor 23 tahun 2022 tentang perlindungan Anak pasal 1 ayat 1
Artikel Jurnal Online
Bobi Gustiawan. 2018. Pemenuhan Hak-hak anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Tanggerang.
Chindy Octalizza Y. 2020. Pemenuhan Hak Anak Melalui Program Pendidikan Yuh Sekolah Maning di Panti Asuhan Al Mukhlisin Desa Lebakgowah Kecamatan Lebaksiu Tegal. Skripsi, 44 -50
Eni setyani, S. t. (n.d.). Pelayanan Sosial Di Bidang Pendidikan Faith Based Organization. share social work, 28.
Epida Sari. 2014. Pemenuhan Hak Anak Pemulung Melalui Program Pendidikan Dan Kesehatan Di Yayasan Tunas Mulia Kelurahan Sumur Batu Bantar Gebang Bekasi. Skripsi. 57
Muh.Fedryansyah, E. S. (2015). Pelayanan Sosial di Bidang Pendidikan Pada Faith Based Organization. Social Work Jurnal, 27.
Riri R. M. 2017. Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Warabal dalam Mengembangkan Minat Baca Anak Melalui Pendar dan Dongeng. Skripsi. 13 -15
Rossy Simawarta. 2014. Efektivitas Pelayanan Sosial Terhadap Anak Asuh oleh Yayasan Kinderfreude. Skripsi
Dodi Setiadi Lase. 2009 Efektifitas Pelayanan Sosial Anak di Bidang Pendidikan oleh Panti Asuhan Al-Washliyah Kelurahan Gedung Johor
Dewan Pendidikan Pamekasan. (2020) Selayang pandang kampung Pendidikan Mandhala Senom diunduh https://dewanpendidikanpmk.com/selayang-pandang-kampung-pendidikan-mandhala-senom/ Diakses pada 3 Januari 2022)
Data statistik kesejahteraan rakyat Kabupaten Pamekasan. (2020) diunduh di BPS pamekasan/ tanggal 1 Januari 2022
Data Statistik pendidikan Kabupaten Pamekasan 2020 Diakses Pada tanggal 3 Januari 2022
Fawaid, (2018) Website Kumparan Predikat kota pendidikan diakses di https://kumparan.com/akh-fawaid/predikat-kota-pendidikan / tanggal 1 September 2022)
Sabrina, TafsirWeb https://tafsirweb.com/3971-surat-ar-rad-ayat-11.html, Diakses pada tanggal 24 September 2022
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Jurnal Intervensi Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.