Penelitian Implementasi Program Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Terhadap Penyandang Disabilitas Intelektual di Kabupaten Humbang Hasundutan

Authors

  • Yuni Mittra Simanullang Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Tuti Atika Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Fajar Utama Ritonga Universitas Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32734/intervensisosial.v1i2.10361

Keywords:

Disabilitas Intelektual, Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI)

Abstract

Penyandang disabilitas intelektual merupakan disabilitas yang dicirikan dengan adanya keterbatasan signifikan baik dalam fungsi intelektual, maupun tingkah laku adaptif yang meliputi banyak keterampilan sosial dan praktis sehari-hari, dan terjadi pada usia sebelum 18 tahun. Namun disabilitas intelektual masih kurang tersentuh layanan kesejahteraan sosial sebagai upaya keberdayaan sosial ekonomi bagi mereka. Oleh karena itu pemerintah melalui Balai Besar Kartini di Temanggu berupaya menjangkau disabilitas intelektual diberbagai wilayah seperti di Kabupaten Humbang Hasundutan dengan memberikan program bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) bertujuan untuk kemandirian yang membawa dampak positif bagi penyandang disabilitas intelektual. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi program bantuan ATENSI terhadap penyandang disabilitas intelektual di Kabupaten Humbang Hasundutan. Informan penelitian ini yaitu informan kunci, Informan utama dan informan tambahan. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dianalisis mengunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teori implementasi David C. Korten yang menyatakan program berhasil dilaksanakan jika terdapat kesesuaian tiga unsur implementasi program yaitu kesesuaian antara program dengan pemanfaat, program dengan organisasi pelaksana dan pemanfaat dengan organisasi pelaksana. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi program bantuan ATENSI terhadap penyandang disabilitas intelektual di Kabupaten Humbang Hasundutan sudah berjalan dengan sesuai, namun untuk kemanfaatan program dalam meningkatkan kesejahteraan dan keberdayaan kurang kelihatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, I.R.2013. Kesejahteraan Sosial (Pekerja Sosial, Pembangunan Sosial dan Kajian Pembangunan). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing.

Kristiana, F.I & Widayanti, G.C (2016). Buku Ajar Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Semarang: UNDIP Press.

Siagian, M. (2011). Metode Penelitian Sosial: Pedoman Praktis Penelitian Bidang Ilmu-Imu Sosial dan Kesehatan. Medan: PT Grasindo Monoratama.

Akib,H & Tarigan, A (2008). Artikulasi Konsep Implementasi Kebijakan: Perspektif, Model dan Pengukurannya. Jurnal Baca 1. (1-19).

Nurhidayati, L. (2016). Gambaran Pelayanan Kesehatan Bagi Penyandang Disabilitas Intelektual di Wilayah Kerja Puskesmas Jambon Kabupaten Ponorogo. Semarang: Skripsi Program SI ilmu kesehatan masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

Zakiah, I. (2020). Efektivitas Program Terapi Perilaku Kognitif/Cognitive Behavior Therapy (CBT) Bagi Penyandang Tunagrahita di SLB Al- Azhar Medan. Medan: Skripsi Program SI kesejahteraan sosial FISIP USU https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/27855?show=full Diakses pada 5 Februari 2022.

Dinas Sosial Kabupaten Humbang Hasundutan 2021

Pedoman Operasional Asistensi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas tahun 2021.

Proposal Permohonan Bantuan Bertujuan Kemandirian Penerima Manfaat Program Penguatan Keluarga dalam Rehabilitasi Sosial Bagi Penyandang Disabilitas Intelektual di Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021.

Sitepu, J. (2020) https://www.kureta.id/105-difabel-di-sumut-terima-bantuan-dari-kemensos-ri. Diakses pada 9 Februari 2022

Published

2022-12-26

How to Cite

Simanullang, Y. M. ., Atika, T., & Ritonga, F. U. (2022). Penelitian Implementasi Program Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Terhadap Penyandang Disabilitas Intelektual di Kabupaten Humbang Hasundutan. Jurnal Intervensi Sosial, 1(2), 24-34. https://doi.org/10.32734/intervensisosial.v1i2.10361