Peran Yayasan ABK Starkids Sidoarjo Dalam Menumbuhkan Keberfungsian Sosial Anak Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Dhona Puji Amintari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Mohammad Suud Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Chriestine Lucia Mamuaya Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32734/intervensisosial.v1i2.10693

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Keberfungsian Sosial, Yayasan ABK Starkids Sidoarjo

Abstract

Kesejahteraan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus dapat diukur dengan salah satu indikator yaitu berjalannya keberfungsian sosial ABK. Yayasan ABK Starkids adalah lembaga pelayanan sosial yang menangani ABK yang berfokus pada pendidikan dan program yang dapat menumbuhkan keberfungsian sosial didalam diri ABK. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran Yayasan ABK Starkids Sidoarjo dalam menumbuhkan keberfungsian sosial ABK serta melihat faktor pendukung dan penghambat yang ada di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penentuan lokasi menggunakan teknik purposive area. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa yayasan ABK Starkids berperan dalam menumbuhkan keberfungsian melalui program akademik dan ekstrakulikuler serta program yang berfokus pada sosial psikologi ABK. Faktor pendukung dalam menumbuhkan keberfungsian sosial adalah adanya partisipasi orang tua murid, dukungan masyarakat sekitar, adanya evaluasi dan monitoring. Faktor penghambat yaitu kurangnya SDM serta minimnya sarana dan prasarana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Schweiger, G., Graff, G. 2015. The Well Being of Childern. Berlin. De Gruyter Open Ltd.

Moleong, Lexy .J. Dr, MA. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 1997. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. A.

Yusuf, Syamsu dan A. Juntika Nurihsan, 2012. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Sulistyadi, H. K. 2014. Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Layanan Pendidikan Inklusif di Kabupaten Sidoarjo. Kebijakan dan Manajemen Publik. 2 (1). 1-2.

Ningsih, R. Y. 2019. Strategi Pembelajaran Bagi Siswa Slow Learners Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 di SDN 158 Seluma. Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. Bengkulu.

Sepfitri, Neta. 2011. Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa MAN 6 Jakarta. Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indoensia No. 4 Tahun 1979. Kesejahteraan Anak. 23 Juli 1979. Jakarta.

Published

2022-12-26

How to Cite

Amintari, D. P., Suud, M., & Mamuaya, C. L. (2022). Peran Yayasan ABK Starkids Sidoarjo Dalam Menumbuhkan Keberfungsian Sosial Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Intervensi Sosial, 1(2), 35-42. https://doi.org/10.32734/intervensisosial.v1i2.10693