Strategi Bertahan Hidup Pedagang Lemang Di Kec. Rambutan Kota Tebing Tinggi Pada Masa Pandemi

DOI:

https://doi.org/10.32734/intervensisosial.v2i1.11922

Keywords:

Pandemi Covid-19, Pedagang Lemang, Strategi Bertahan Hidup

Abstract

Pedagang kaki lima,yang asalnya tingkat perekonomian masyarakat itu rendah kini mengalami perubahan, perekonomian mereka semakin memburuk dan kebutuhan hidup nya sehari-hari semakin meningkat, dengan adanya pandemi ini semua kegiatan aktivitas penjualan para pedagang kaki lima mengalami penurunan membuat pedagang lemang berada di situasi dilematis dan harus memutar otak untuk mencari cara maupun strategi untuk dapat bertahan hidup. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi bertahan hidup pedagang lemang pada masa pandemi di kota Tebing Tinggi kecamatan Rambutan. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dan pengamatan terhadap subjek penelitian ditemukan fakta bahwa: (1) Pandemi Covid-19 menyebabkan dampak terhadap pedagang lemang di Kecamatan Rambutan. (2) Pedagang lemang Kecamatan Rambutan menggunakan 3 strategi bertahan hidup dimasa pamdemi Covid-19 yaitu: (a) Strategi aktif yaitu dengan mengikutsertakan anggota keluarga dan melakukan diversifikasi pekerjaan, (b) . Strategi pasif yaitu mengurangi pengeluaran dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan sandang dengan makan seadanya seperti mengonsumi mi instan, tahu, tempe dan telur, (c) Strategi jaringan yaitu dengan berhutang kepada agen, keluarga dan sahabat saat dalam kondisi mendesak yang membutuhkan uang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ac Van Oss, 1992. Pengantar Sejarah dan Sejarah Sosial Ekonomi, Terjemahan Danil Ahmad, Medan: USU Press

Dagun M.Save. 1992. SOSIO EKONOMI ; Analisis Eksistensi Kapitalisme dan Sosialisme. Jakarta : Rieneke Cipta

Gilarso, T. 1987. Pengantar Ilmu Ekonomi Bagian Makro.Yogyakarta:Gajah Mada University Press

Gilbert, Alan dan Josef Gugler.2007. Urbanisasi dan Kemiskinan di Dunia Ketiga. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya

Mulyana Deddy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif : Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Soekanto, Sarjono. (2005). Sosiologi Suatu pengantar. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Bukhari. 2017. Pedagang Kaki Limadan Jaringan Sosial Suatu Analisis Sosiologi. Jurnal Sosiologi USK. Universitas Syiah Kuala. Vol. 11., No. 7.

Published

2023-06-26

How to Cite

Strategi Bertahan Hidup Pedagang Lemang Di Kec. Rambutan Kota Tebing Tinggi Pada Masa Pandemi. (2023). Jurnal Intervensi Sosial, 2(1), 63-74. https://doi.org/10.32734/intervensisosial.v2i1.11922