Strategi Pengembangan Wisata Melalui Pendekatan Community Based Tourism (Cbt) di Desa Wisata Kemiri

Authors

  • Danisya Ersadianis Aulia Universitas Jember
  • Purwowibowo Universitas Jember
  • Moch. Ilham Noer Sunan Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.32734/intervensisosial.v2i1.12209

Keywords:

Community Based Tourism, desa wisata, strategi pengembangan wisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai strategi pengembangan Desa Wisata Kemiri melalui pendekatan Community Based Tourism. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan analisis coding data yang dijelaskan oleh Neuman (2014), meliputi conceptualitation, coding qualitative data dan outcropping. Penelitian ini juga menggunakan teknik triangulasi sumber dalam melakukan keabsahan data dengan tujuan untuk mengetahui kreadibilitas data yang didapat di Desa Wisata Kemiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pokdarwis dan masyarakat melakukan beberapa bentuk startegi pengembangan Desa Wisata Kemiri yang bisa disebut dengan pendekatan Community Based Tourism diantaranya yakni (1) mengelola potensi Desa Kemiri dengan memanfaatkan dan mengelola sumber daya alam yang potensial; (2) melibatkan masyarakat dalam pengembangan wisata dalam hal perencanaan, pengelolaan, dan pemberian suara dalam menetapkan suatu keputusan; (3) menjalin mitra dengan para stakeholder agar mendapat support dalam hal material maupun non material; (4) mempromosikan desa wisata secara langsung dan tidak langsung melalui platform media sosial; (5) melakukan pengembangan masyarakat untuk meningkatkan kapasitasnya dalam mengelola Desa Kemiri yang telah menjadi desa wisata di Kabupaten Jember.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, Isbandi Rukminto. 2008. Intervensi Komunitas : Pengembangan Masyarakat sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Rajawali.

ASEAN. 2016. ASEAN Community Based Tourism Standart. Jakarta: ASEAN Secretariat.

Edi Suharto. 2014. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT Refika Aditama.

Hausler, Nicole. 2005. Planning for Community Based Tourism. Journal. England: The International Ecotourism Society.

Hadiwijoyo, Surya Sakti. 2012. Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Purwowibowo. 1998. Pariwisata dan Prospek Ekowisata di Karesidenan Besuki. Makalah Seminar Pariwisata. Universitas Jember.

Sharpley, Richard, & Telfer, David J. 2008. Tourism and Development In The Developing World. Oxon: Routledge.

Suansri, Potjana. 2003. Community Based Tourism Handbook. Thailand: REST Project.

Yaman, Amat Ramsa & A. Mohd. 2004. Community -based Ecotourism: New Proposition for Sustainable Development and Environment Conservation in Malaysia. Journal of Applied Sciences IV (4),583-589.

Published

2023-06-30

How to Cite

Ersadianis Aulia, D., Purwowibowo, & Noer Sunan, M. I. (2023). Strategi Pengembangan Wisata Melalui Pendekatan Community Based Tourism (Cbt) di Desa Wisata Kemiri. Jurnal Intervensi Sosial, 2(1), 54-62. https://doi.org/10.32734/intervensisosial.v2i1.12209