Identifikasi Kejadian Cyberbullying: Flaming Pada Remaja di SMAN 3 Rantau Utara Kelas XI Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32734/intervensisosial.v3i1.13391

Keywords:

Cyberbullying, Flaming, Remaja

Abstract

Abstrak

Cyberbullying Flaming dapat terjadi kepada siapa saja terutama remaja melalui media sosial berupa Chat Room, dan Game Online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kejadian Cyberbullying Flaming pada remaja di SMAN 3 Rantau Utara kelas XI. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret hingga Juni 2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian dilakukan dengan teknik Stratified Random Sampling yaitu sebanyak 70 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejadian Cyberbullying Flaming pada remaja di SMAN 3 Rantau Utara kelas XI dalam kategori (34,4%). Hal ini terjadi karena intensitas penggunaan media sosial rendah serta faktor usia dan perubahan kognitif. Kejadian Cyberbullying Flaming yang paling banyak dilakukan yaitu mengirimkan pesan kasar melalui sms/Messenger/jejaring sosial secara terus menerus karena telah dibuat sakit hati. Saran kepada Lembaga sekolah untuk meningkatkan peraturan mengenai penggunaan Smarthphone

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreni., & Dhonna. 2022. Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan.

Anshori, I. F., Syarif, H., Aresti, S. D., Risan, V., & Selvi, Y. (2022). Fenomena Cyber Bullying Dalam Kehidupan Remaja. Jurnal Sosial & Abdimas, 4(1): 26–32.

Hastuti,R. (2021). Remaja Sejahtera Remaja Nasionalis. Yogyakarta: ANDI.

Jubaidi, M., & Nurul, F. (2020). Pengaruh Fenomena Cyberbullying Sebagai Cyber-Crime di Instagram dan Dampak Negatifnya. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, 12(2): 117–34.

Mutma, F. S. (2019). Deskripsi Pemahaman Cyberbullying Di Media Sosial Pada Mahasiswa. Jurnal Komunikasi, 13(2): 165–82.

P, I. M. I., & Ika, C. 2019. Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish. Putra, A. R. B. (2015). Peran Guru Bimbingan Konseling Mengatasi Kenakalan Remaja di Sekolah.

Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 10(1): 32–39.

Rumra, N. S., & Bety, A. R. (2021). Perilaku Cyberbullying Remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan Jiwa, 3(1): 41–52.

Sari, S. R. N., Fathra, A. N., & Wasisto, U. (2020). Gambaran Perilaku Cyberbullying Pada Remaja.

Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 7(2): 16–24.

Thaha, R. Y., Riswan., & Resty, Y. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi di SMPN 1 Buntao Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat, 3(2): 52–74.

Visty, S. A. (2021). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja Masa Kini. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP) 2(1): 50–58.

Published

2024-06-30

How to Cite

Daulay, W., & Daulay, N. M. P. (2024). Identifikasi Kejadian Cyberbullying: Flaming Pada Remaja di SMAN 3 Rantau Utara Kelas XI Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Intervensi Sosial, 3(1), 62-70. https://doi.org/10.32734/intervensisosial.v3i1.13391